Riset: Berusaha Terlihat Bahagia Justru Membuat Seseorang Semakin Sedih

BERITA LIVE – Penelitian, yang diterbitkan dalam jurnal Emotion, menemukan bahwa terlalu berupaya terlihat bahagia bisa membuat orang cenderung terobsesi dengan kegagalan dan emosi negatif, di mana hal tersebut membawa mereka ke risiko stres yang lebih tinggi dalam jangka waktu panjang.

“Kebahagiaan adalah hal yang baik, tetapi menjadikannya sebagai sesuatu yang wajib dicapai justru membuatnya kerap gagal,” jelas salah satu penulis penelitian itu, Brock Bastian, seorang psikolog sosial di University of Melbourne School of Psychological Sciences di Australia.

Minggu (12/8/2018), penelitian ini melibatkan dua eksperimen terpisah. Pada mulanya, sekelompok mahasiswa psikologi Australia diminta memecahkan 35 anagram dalam tiga menit, tetapi, tanpa sepengetahuan mereka, 15 di antaranya tidak dapat dipecahkan.

Tiga puluh sembilan siswa menyelesaikan tugas ini di sebuah ruangan yang dihiasi poster, catatan, dan buku motivasi. Pengawas di ruangan ini juga diberi tahu oleh para peneliti untuk berbicara dengan riang, dan dengan tidak sengaja menyebutkan pentingnya rasa bahagia.(YL)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *