Ritual Malam Hari untuk Wajah yang Lebih Segar Saat Bangun Tidur

BERITA LIVE – Bangun pagi dengan tampilan kulit sehat dan bercahaya pasti menjadi impian semua orang, termasuk kamu, ya ‘kan? Namun kenyataannya, wajah pagimu terlihat bengkak dan kusam. Ada berbagai alasan yang menyebabkanya hal ini terjadi, seperti kurang tidur atau ada yang salah dengan perawatan malam harimu. Boleh jadi, pun karena makanan dan minuman yang kamu konsumsi sebelum jam tidur.

Apapun alasannya, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi tampilan wajah yang bengkak saat bangun tidur. Melansir dari Bustle, ini ritual malam hari yang perlu kamu lakukan agar wajah terlihat lebih segar dan bercahaya saat bangun pagi.

Hindari minum alkohol

លទ្ធផល​រូបភាព​សម្រាប់ Hindari minum alkohol

Minum alkohol sebelum tidur dapat menyebabkan wajah bengkak dan kemerahan di pagi hari. Jadi jika menginginkan tampilan wajah bangun tidur yang segar dan bercahaya, coba untuk mengurangi atau menghindari konsumsi alkohol. Sebab menurut para ahli, minuman beralkohol dapat membuat kulit dehidrasi sehingga terlihat kemerahan dan terkena inflamasi.

Ketimbang mengonsumsi alkohol, sangat disarankan untuk menggantinya dengan air mineral. Coba tingkatkan jumlah air yang diminum hingga 2 jam sebelum tidur. Rentang ini memberikan waktu yang cukup untuk tubuh memproses air yang masuk sehingga kamu nggak perlu terbangun di malam hari untuk buang air kecil.

Jauhi makanan asin

លទ្ធផល​រូបភាព​សម្រាប់ Jauhi makanan asin

Jika terbiasa mengonsumsi makanan asin sebelum tidur, boleh jadi ini alasan kamu selalu terbangun dengan wajah yang bengkak dan terlihat kemerahan. Faktanya, garam menarik banyak cairan dan dapat membuat wajah terlihat membengkak.

Karena itu, coba untuk menjauhi makanan asin atau mengandung banyak garam sebelum tidur. Jika ingin menyantap camilan, pilih makanan yang rendah sodium serta minum banyak air untuk menjaga keseimbangan dalam tubuhmu.

Menyingkirkan hal-hal yang dapat memicu alergi

លទ្ធផល​រូបភាព​សម្រាប់ Menyingkirkan hal-hal yang dapat memicu alergi

Kamu sudah tidur dengan waktu yang cukup atau menggunakan produk perawatan wajah yang cocok dengan kulit, namun wajah masih terlihat kemerahan dan bengkak di pagi hari? Boleh jadi, ada hal-hal di sekitarmu yang memicu reaksi alergi pada kulitmu. Jadi, ini saatnya untuk mencari tahu benda penyebab alergimu dan membersihkan kamarmu!

Kamu pun bisa mengganti beberapa barang di kamar dengan benda-benda anti-alergi, seperti bantal hipolergenik. Jadi, debu nggak akan memicu alergi pada kulitmu saat tidur. Jika memelihara hewan di rumah, mungkin kamu perlu mencoba untuk nggak tidur bersama hewan peliharaanmu atau menempatkannya di luar kamar saat malam hari. Suka tidur dengan jendela terbuka? Coba tutup untuk mencegah adanya zat alergen yang dapat menimbulkan reaksi pada kulitmu.

Minum lebih banyak air

លទ្ធផល​រូបភាព​សម្រាប់ Minum lebih banyak air

Wajah yang bengkak di pagi hari dapat disebabkan retensi air dalam tubuh atau dehidrasi. Karena itu, kamu perlu minum lebih banyak air untuk mengeluarkan retensi air dari dalam tubuh, serta mencegah dehidrasi untuk menghindari wajah yang membengkak.

Bagaimana mengetahui jika tubuhmu bebas dari dehidrasi dan telah mencukupi konsumsi air yang dibutuhkan? Coba lihat warna dari urin yang kamu keluarkan saat buang air kecil.

Jika warna urin terlihat kuning terang atau jingga, itu pertanda kalau tubuhmu kekurangan air. Jika warna urin terlihat hampir transparan, itu pertanda kamu telah memenuhi kebutuhan air dalam tubuh. Juga, jangan menunggu haus untuk minum air. sebab, haus merupakan tanda kalau kamu mengalami dehidrasi.

Tidur dengan bantal

លទ្ធផល​រូបភាព​សម្រាប់ Tidur dengan bantal

Faktanya, tidur dengan meletakkan kepala di atas bantal dapat mengurangi tampilan wajah yang bengkak di pagi hari, loh. Menurut para ahli, posisi kepala yang lebih tinggi saat tidur dapat meningkatkan sirkulasi limfatik dan darah untuk mengurangi pembengkakan di sekitar mata. Jadi jika selama ini kamu jarang menggunakan bantal, coba untuk tidur dengan 1-2 bantal yang nyaman.

Cuci wajahmu

រូបភាពពាក់ព័ន្ធ

Ketika telah melewati hari yang panjang dan melelahkan, rasanya pasti ingin segera tidur saat sampai di rumah. Jika ini menjadi kebiasaanmu setiap hari, pantas saja kamu terbangun dengan wajah yang bengkak. Makeup yang nggak dibersihkan sebelum tidur, dapat menginflamasi dan mengiritasi kulit serta mata, menyebabkan kemerahan dan warna kulit yang nggak merata.

Hal yang sama dapat ditimbulkan oleh parfum. Karena itu, nggak disarankan untuk tidur dengan parfum yang masih menempel pada kulit. Jadi, rajin membersihkan wajah dan melanjutkannya dengan perawatan kulit sebelum tidur jika ingin bangun pagi dengan wajah yang lebih segar dan sehat.

Gunakan masker wajah

លទ្ធផល​រូបភាព​សម្រាប់ Gunakan masker wajah

Jika ada “De-puffing face mask” di sekitarmu, kamu dapat membelinya dan memasukkannya ke dalam rutinitas perawatanmu di malam hari. Sebab, produk masker wajah tersebut mengandung antioksidan dan antiinflamasi yang membantu mengurangi kemerahan dan inflamasi saat kamu tidur. Dengan begitu, kamu akan bangun tidur dengan wajah yang lebih segar.

Jika nggak ada masker wajah seperti itu, alternatif lainnya kamu dapat mencari produk perawatan yang mengandung caffeine. Kandungan caffeine diyakini dapat membantu mengurangi pembengkakan pada wajah.

Maka itu beberapa hal yang bisa anda lakukan sebelum tidur, agar besok bagi anda yang akan tetap segar dalam menjalani keseharianmu girl!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *