Rujak Enak Khas Ambon Yang Menggoda Untuk Anda Mencobanya

Rujak Enak Khas Ambon Yang Menggoda Untuk Anda Mencobanya

Rujak Enak Khas Ambon Yang Menggoda Untuk Anda Mencobanya
Rujak Enak Khas Ambon Yang Menggoda Untuk Anda Mencobanya

BERITA LIVE – Berburu kuliner jadi satu agenda wajib untuk dilakukan ketika berkunjung ke suatu tempat. Di Ambon misalnya, ada satu kuliner legendaris yang patut dicoba! Rujak Natsepa namanya.

Rujak Natsepa merupakan satu jajanan khas Ambon yang sangat populer. Tidak percaya? Coba saja tanyakan pada penduduk Ambon jika berkesempatan ke kota ini. Pastinya Anda akan diarahkan menuju ke Desa Suli, Maluku Tengah. Di sana juga ada Pantai Natsepa yang jaraknya hanya memakan waktu 30 menit melalui jalur darat dari kota.

Seperti namanya, rujak tersebut banyak tersedia di kawasan Pantai Natsepa. Ada lebih dari 10 penjaja rujak di kawasan wisata pantai yang bisa dicoba. Mau makan di kedai mana saja, sensasinya pasti sama!

Sepintas rujak Natsepa tampak tak ada beda dengan rujak buah yang biasa dikenal. Komposisinya terdiri dari irisan jambu air, mangga mengkal, mentimun, nanas, belimbing, ubi jalar atau patatas serta kedondong.

“Sebenarnya ada bengkuang, tapi di Ambon carinya agak susah. Jadi buahnya itu saja,” kata Mama Mery Ginzel, salah satu penjual rujak yang

Yang membuat rasanya unik dan khas ada di sambalnya. Kacang tanah harus dicuci dulu sebelum digoreng. Kata Mama Mery, cara tersebut bisa membuat cita rasa kacang tanah jadi lebih gurih.

Kemudian gula aren yang digunakan juga dibeli dari Ujung Pandang. Warnanya hitam pekat, manisnya khas dan teksturnya pun cenderung kental.

Lalu ada parutan rempah pala segar yang digunakan untuk memberi sensasi sedikit asam pada bumbu rujaknya. Semua bumbu tersebut dicampur cabai dan garam yang diulek sebentar hingga teksturnya tidak terlalu halus.

Setelah bumbu selesai dibuat, barulah irisan buah dimasukkan ke cobek dan diaduk rata. Disajikan di atas piring kecil dan dinikmati menggunakan tusuk lidi.

Ketika dinikmati, rasa manis dan legit gula aren cukup mendominasi. Lalu disusul gurih renyah dari kacang tanah, asam dari buah segar serta pedasnya cabai menyatu di dalam mulut ketika dikunyah. Paduan empat cita rasa khas inilah yang menjadi daya tariknya!

Rujak satu ini dibanderol Rp10.000 per-porsi. Namun sensasinya akan lebih lengkap jika ditemani sebutir es kelapa muda dan sembari menikmati keindahan Pantai Natsepa yang biru, bersih dan bening airnya.

( mc )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *