Rupiah Semakin Perkasa,Hampir Sentuh Rp 12.000 an Per USD

231272_rupiah-sempat-tembus-rp-12-000-per-dolar-as_663_382BERITALIVE.COM – Laju nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) terus menguat di perdagangan hari ini, Jumat (4/3). Bahkan, Rupiah nyaris menyentuh level Rp 12.000-an per USD.

Mengutip data Bloomberg, Rupiah dibuka di level Rp 13.152 per USD. Terus menguat, Rupiah kini berada di level Rp 13.141 per USD. Bahkan, Rupiah sempat menyentuh level terkuatnya di Rp 13.090 per USD.

Analis NH Korindo Securities Indonesia, Reza Priyambada mengatakan, laju Rupiah terus mempertahankan tren kenaikannya dengan bergerak positif untuk melanjutkan penguatannya sejak 9 bulan terakhir. Pergerakan Rupiah masih terimbas sentimen sebelumnya di mana didukung oleh beberapa faktor seperti kondisi makro ekonomi Indonesia yang dianggap akan membaik, porsi dana asing di Surat Utang Negara (SUN) domestik yang kembali meningkat.

Lalu, sentimen dari eksternal berupa aksi PboC yang menurunkan GWM sehingga membuat para investor kembali tenang terhadap sentimen devaluasi Yuan. Pelaku pasar juga menantikan rilis data ketenagakerjaan AS di bulan Februari, di mana diperkirakan masih kurang baik sehingga memberikan tekanan pada laju USD.

“Tren penguatan Rupiah diharapkan dapat kembali terjadi seiring masih adanya imbas sentimen-sentimen positif tersebut,” ujarnya dalam riset harian.

Dengan asumsi aksi beli masih terjadi dan harga minyak yang masih berpeluang melanjutkan pergerakan positifnya maka laju Rupiah pun akan terbantukan menguat.

“Tetapi, jika asumsi tersebut tidak terpenuhi maka waspadai potensi pembalikan arah melemah. Support Rupiah 13.200 serta Resisten 13.300. Tetap cermati sentimen yang ada terhadap laju Rupiah.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *