Saat Pergi ke Pulau Jeju, Pastikan Kalian Mencoba 5 Street Food Ini

BERITA LIVE – Pulau Jeju di Korea Selatan menjadi salah satu destinasi wisata pilihan. Ketika ingin tetap berlibur ke Korea Selatan, tapi tak ingin menikmati hiruk pikuk kota metropolitan, seperti Seoul, Pulau Jeju adalah pilihan yang paling tepat. Karena masih tergolong pedesaan, jumlah penduduk di Jeju juga tidak begitu banyak, jadi cocok sekali untuk kalian yang ingin refreshing.

Tak lengkap rasanya, jika jalan-jalan ke Jeju, tapi tidak menikmati street food pulau tersebut. Nah, di bawah ini ada 5 rekomendasi street food Pulau Jeju yang kalian wajib coba saat berkunjung ke sana. Apa saja?

1. Gun goguma (baked sweet potato)

Hasil gambar untuk 1. Gun goguma (baked sweet potato)
Street food ini paling populer di kalangan pencinta KPop khususnya drama dan variety show negeri ginseng. Gun goguma adalah ubi jalar yang dibalut dengan aluminium foil dan dipanggang di atas bara api. Uniknya, ubi jalar yang dipanggang dengan aluminium foil ini memiliki rasa yang lebih manis daripada ubi jalar yang dikukus atau direbus, seperti yang biasa dinikmati orang Indonesia.

Tips memakan street food yang satu ini adalah sabar. Ubi jalar ini benar-benar akan baru diangkat dari atas bara api ketika ada orang yang membeli. Jadi sudah bisa dipastikan, jika rasa panas akan langsung membakar lidah ketika kalian tidak sabar untuk mencicipinya.

Untuk harganya sendiri, gun goguma biasa dijual dengan harga 700 won per buah atau setara dengan 9.000 rupiah.

2. Manong chicken

Hasil gambar untuk 2. Manong chicken
Manong chicken menjadi salah satu makanan paling laris di Jeju. Pasalnya, ketika kalian ingin menikmati satu porsi manong chicken, kalian perlu mengantre bahkan hingga berjam-jam. Street food yang satu ini memang sangat populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke Jeju karena rasanya yang sangat lezat.

Mungkin saat pertama kali mencobanya, kalian akan merasa sedikit bingung dan aneh karena tidak terbiasa. Tapi setelah sudah menikmati potongan berikutnya, dijamin kalian pasti ketagihan. Rasanya yang gurih serta tambahan bumbu, seperti chicken sauce, chicken salt, dan taburan bawang putih serta kulit ayam yang crispy banget, dijamin buat kalian pengin nambah. Uniknya, kulit ayam manong chicken ini tidak berminyak, lho.

Setiap porsi manong chicken dijual sekitar 10.000 hingga 20.000 won atau 130.000 hingga 260.000 rupiah.

3. Konchijeu (cream corn atau corn cheese)

Hasil gambar untuk 3. Konchijeu (cream corn atau corn cheese)
Konchijeu juga menjadi street food Pulau Jeju yang cukup populer. Jajanan ini dimasak dengan mencampurkan jagung, keju, dan mayones. Lalu disajikan di atas hot plate agar tetap panas. Cream corn ini cukup mengenyangkan dan bikin nagih, lho. Pasalnya, konchijeu juga bisa ditambahkan dengan keju mozarella yang pastinya bikin rasa makanan itu jadi lebih nendang!

Harganya juga cukup murah. Seporsi konchijeu yang bisa dinikmati dua hingga tiga orang ini dijual sekitar 3.000 won aja.

4. Snow crab gratin

Saat Pergi ke Pulau Jeju, Pastikan Kalian Mencoba 11 Street Food Ini
Kalau street food yang satu ini wajib banget kalian coba saat sedang berjalan di pedestrian Pulau Jeju. Jajanan ini dimasak dengan cara dipanggang dan disajikan di atas cangkang kepiting. Isiannya terdiri dari daging kepiting, udang, jagung, keju, dan makaroni. Kalian juga diperbolehkan untuk menambah mustard, sweet chili, dan tomato sauce sesuai selera, lho.

Untuk satu porsi crab gratin dijual seharga 3000 hingga 4000 won atau setara dengan 39.000 hingga 52.000 rupiah.

5. Pulbbang (korean pancake dumplings)

Saat Pergi ke Pulau Jeju, Pastikan Kalian Mencoba 11 Street Food Ini
Pulbbang sangat berbeda dengan bungeobbang atau kue ikan Korea. Pulbbang hampir mirip dengan takoyaki yang memiliki rasa gurih dan diisi dengan gurita rebus atau cincang. Namun pulbbang berbeda. Camilan ini diisi dengan kacang merah atau jeruk hallabong dan memiliki rasa yang manis. Secara tradisional, camilan ini diisi dengan apel tumis yang telah dibumbui. Hal yang menarik tentang street food ini adalah bentuk dan ukuran pulbbang akan berbeda-beda setiap tokonya, tergantung pada cetakan pulbbang yang dimiliki penjual, mulai dari bunga hingga ikan.

Pulbbang agaknya lebih sulit ditemukan, jika dibandingkan dengan saudaranya, yakni bungeobbang. Camilan ini biasanya dijual di jalan dengan harga 1000 hingga 2000 won atau setara dengan 13.000 hingga 36.000 rupiah per tujuh buah.

Maka itulah 5 street food di Pulau Jeju yang wajib untuk kalian coba pada saat kalian berpergian ke Jeju Island. (GR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *