Sebanyak 28.400 Takir Jenang Akan Dibagikan Pada HUT Kota Solo Yang ke-274

BERITA LIVE – Minggu 17 Februari mendatang Kota Solo akan genap berusia 274 tahun. Pada puncak perayaan hari jadi tersebut ditandai dengan pembagian 28.400 takir jenang (bubur). Sedikitnya ada 17 jenis jenang akan dibagikan secara gratis setelah upacara Hari Jadi Kota Solo, di Stadion Sriwedari.

“Ada 17 jenis jenang yang akan kita bagikan. Antara lain Jenang Warni Empat, Jenang Sepasaran Jenang Sengkolo, Jenang Abang Putih, Jenang Katul, Jenang Procot, Jenang Lemu, Jenang Timbul, Jenang Saloko, Jenang Rangrang, Jenang Sumsum, Jenang Grendul, Jenang Pati dan Jenang Raming,” ujar Kepala Dinas Pariwisata (Disparta) Solo Hasta Gunawan, Kamis, (14/2/2019).

Hasta mengemukakan, Semarak Jenang tahun ini menggunakan tema Pesona Jenang Kemajemukan. Ada 274 peserta yang akan mengikuti Semarak Jenang, diantaranya dari 40 pasar tradisional yang ada di Solo.

Selain 40 pasar tradisional, kegiatan tersebut juga diikuti kalangan sekolah, masyarakat sampai BUMN. Untuk menonjolkan nuansa tradisional akan dipasang bleketepe untuk pengganti tenda. Petugas yang melayani pembagian jenang gratis juga akan mengenakan pakaian tradisional Jawa.

“Jadi nanti masing-masing peserta menyediakan 100 takir jenang. Jumlah yang tersedia nanti 27.400 takir jenang,” jelasnya.

Kemeriahan acara tersebut juga ditandai dengan diaraknya gunungan 1.000 takir jenang. Gunungan jenang itu secara simbolis akan dibagikan oleh Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo (Rudy). Sehingga total terdapat 28.400 takir jenang yang akan dibagikan pada perayaan itu. (VS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *