Sederet Fakta Faisal Amir, Kritis Hingga Diisukan Meninggal dan Kondisinya Sekarang

Berita Live – Salah satu korban demonstrasi menolak RUU KUHP di Jakarta memakan korban luka. Seorang mahasiswa bernama Faisal Amir ditemukan dalam kondisi luka parah di kepala dan di beberapa bagian tubuhnya pada Selasa, (24/9) lalu.

Faisal Amir ditemukan sekitar pukul 18.00 oleh teman-temannya sesama mahasiswa. Ia kemudian dilarikan ke RS Pelni, Jakarta Barat dan dirawat di sana.

Dari pemeriksaan awal, diketahui bahwa Faisal mengalami patah tulang dan pendarahan otak. Mahasiswa Universitas Al Azhar ini pun kemudian dirawat intensif untuk memulihkan kondisinya.

Izin Ke Orangtua

Sebelum berangkat demo di depan Gedung DPR, Faisal berpamitan kepada Ibunya, Siti Asmah. Menurut sang Ibunda, Faisal memang aktivis kampus dan ia memberikan izin.

“Dia minta izin untuk ikut demo di DPR. Faisal memang aktivis di kampus. Dia koordinator demo dan menjaga keamanan teman-temannya kemarin,” kata Siti kepada BeritaLive, Rabu, (15/9).

Demo Ricuh

Demo yang dilakukan para mahasiswa ini ternyata kemudian berujung ricuh. Bentrokan antara mahasiswa dan aparat terjadi sekitar pukul 17.00 WIB.

Faisal yang menjadi koordinator berusaha mencari teman-temannya. Ia menyusuri kawasan sekitar Hotel Sultan, namun kemudian justru ia sendiri yang menghilang dari rombongan mahasiswa Al-Azhar.

Ditemukan Teman-Temannya Dalam Kondisi Kritis

Menghilangnya Faisal dari rombongan membuat teman-temannya bergantian mencari. Kemudian mereka menemukan mahasiswa Fakultas Hukum semester 7 itu sekitar pukul 18.00 WIB di dekat Hotel Sultan dalam kondisi luka-luka dan kritis.

“Dia ditemukan di basement Restoran Pulau Dua di dekat Gedung DPR. Kemudian dibawa pakai mobil bak terbuka ke RS Pelni,” terang Siti.

Berusaha Lindungi Teman

Setelah dibawa ke RS, Situ dikabari teman-teman Faisal. Ia pun mengorek keterangan dari teman-teman anaknya dan mendapatkan beberapa cerita.

Salah satunya adalah alasan di balik menghilangnya Faisal, yang ternyata karena ingin menyelamatkan teman-temannya. Namun kemudian ternyata menjadi korban kekerasan.

“Kan watu itu kacau. Jadi pengen selamatkan teman-temannya. Dia cari lokasi aman. Jadi anak saya berupaya menyelamatkan diri dan melindungi teman-temannya. Rencananya mau dibawa ke Hotel Sultan. Ternyata sudah hilang. (Hilang) Jam 5 sore sampai jam 6,” ujarnya kepada BeritaLive, Rabu, (25/9).

Faisal Amir Kritis

Begitu mendapatkan informasi mengenai kondisi Faisal, Siti Asmah langsung menuju RS Pelni. Dari dokter, Siti mendapatkan keterangan bahwa anaknya mengalami retak pada bagian tengkorak, tulang bahu patah dan memar-memar.

“Kata dokter saraf luka-lukanya akibat benda tumpul,” ungkap Siti.

Kondisi Faisal pun disebut mengalami kritis dan harus segera dioperasi untuk memulihkan kondisinya.

Operasi Bahu Dan Kepala

Kedatangan Siti di RS Pelni sudah ditunggu oleh tim dokter karena Faisal Amir harus segera dioperasi. Dokter memerlukan persetujuan keluarga untuk melakukan tindakan dan Siti langsung tanda tangan.

Malam itu juga operasi untuk menghentikan pendarahan di selaput otak dan patah tulang bahu dilakukan, mulai pukul 21.00 WIB hingga 05.00 WIB keesokan harinya. Setelah operasi, Faisal Amir dipindahkan ke ruang ICU.

“Sudah dioperasi, sudah sadar. Tapi dikasih obat tidur supaya tenang. Mohon doanya untuk kesembuhan anak saya yang masih kritis. Sekarang masih di ruang ICU setelah operasi,” kata Siti Asmah.

Diisukan Meninggal Dunia

Dalam masa penyembuhan Faisal, berhembus kabar bahwa ia meninggal dunia. Namun berita ini hoaxs

Saat ini, kondisi Faisal Amir masih dalam proses perawatan oleh dokter. Dekan Fakultas Hukum Universitas Al-Azhar Indonesia, Yusuf Hidayat pun menyebut kondisi Faisal sudah membaik.

“Iya benar. Faisal merupakan mahasiswa Fakultas Hukum semester tujuh. Jadi menurut keterangan mahasiswa, Faisal ditemukan di lokasi proyek di antara DPR dan Flyover di basement. Keadaannya kritis, ada luka di bagian kepala. Semalam setengah 2 dioperasi. Alhamdulillah masa kritisnya sudah lewat. Tadi pagi juga operasi bahunya. Sekarang lagi istirahat,” kata Yusuf kepada BeritaLive, Rabu, (25/9).

Kondisi Faisal Amir Sekarang

Siti Asmah, Ibunda Faisal pun menyebut kondisi anaknya sekarang sudah membaik. Faisal pun sudah siuman pasca operasi yang ia jalani.

Namun dokter masih memberikan obat tidur agar Faisal tenang. Karena itu Faisal Amir masih dirawat di ruang ICU untuk proses pemulihannya.

Lapor Komnas HAM

Atas tindakan kekerasan yang dialami putranya, Siti Asmah tidak tinggal diam. Ia berencana melaporkan peristiwa itu kepada Komnas HAM dan Presiden Joko Widodo.

“Saya akan lapor Komnas HAM, Presiden, Polda, supaya diusut. Karena anak saya sepertinya diperlakukan kayak binatang,” ujar Siti Asmah kepada Liputan6.com, Rabu, (25/9).

Siti menegaskan bahwa seharusnya rakyat dilindungi oleh para penegak hukum kala menyampaikan aspirasi. Ia menyesalkan mengapa anaknya diperlakukan seperti itu dan sekarang harus dirawat di rumah sakit. (CP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *