Sekitar 1,5 Juta Penguin Ditemukan Di Kepulauan Terpencil di Antartika

Image result for penguins danger islands

BERITALIVE – Siapa yang tak gemas dengan penguin, binatang berbulu monokrom yang menggemaskan? Keberadaan hewan akuatik itu kerap menghibur pengunjung di kebun binatang atau taman edukasi lain. Sayangnya, populasi penguin terus menurun seiring berkurangnya kawasan es.

Di luar fakta yang menyayangkan itu, muncul laporan penelitian baru yang menggembirakan. Koloni Pygoscelis adeliae atau yang populer disebut penguin Adelie ditemukan dalam jumlah yang luar biasa di Kepulauan Danger, Antartika. Diperkirakan mencapai 1,5 juta ekor populasi.
Penemuan itu berawal dari banyaknya guano atau kotoran yang ditemukan pada gambar satelit Kepulauan Danger di 2014. Peneliti di Woods Hole Oceanographic Institution (WHOI) menduga bahwa guano itu adalah sarang penguin dalam jumlah masif.
Dilansir dari New York Times, WHOI kemudian mengirim tim ekspedisi untuk membuktikan langsung. Mereka memeriksa sembilan pulau dalam kepulauan itu. Dengan menggunakan drone untuk mengeksplorasi wilayah di ujung Antartika itu, mereka berusaha menghitung jumlah akurat penguin Adelie di sana.
 
Image result for penguins danger islands
“Sebelum ini, Kepulauan Danger belum diketahui sebagai habitat yang penting bagi penguin Adelie,” ujar Heather Lynch, ahli ekologi dari Univesitas Stony Brook, yang ikut memimpin penelitian itu dalam keterangan resminya.
Kepulauan Danger tak hanya disimpulkan sebagai habitat penguin Adelie terbesar di Antartika, namun jumlah populasinya menunjukan penguin di sana tidak mengikuti tren efek pemanasan global. Dilaporkan pula suhu di Kepulauan Danger tidak ikut menghangat seperti wilayah selatan Antartika, tempat populasi penguin terus menurun.
Penemuan itu juga secara tidak langsung sudah membantah dugaan bahwa jumlah penguin di seluruh dunia terus menyusut selama 4 dekade terakhir. Buktinya, penguin di Kepulauan Danger menjamur sangat padat.
 
Bayangkan di sembilan pulau kecil, ratusan ribu pasang penguin hidup tenang tanpa terjamah predator. Mereka leluasa bereproduksi. Meski sepertinya menarik untuk bermain salju di antara koloni penguin Adelie, pulau itu tentu susah dicapai dan dilindungi dari tangan-tangan manusia yang kurang bertanggung jawab. [ts]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *