Selain Jengkol dan Petai, 5 Makanan ini juga Bisa Menyebabkan Bau Mulut

BERITA LIVE –  MASALAH bau mulut tidak bisa dihindari meski sudah di zaman modern.

Orang normal saja bisa terkena masalah yang bisa mengganggu penampilan ini karena gaya hidup, makan sembarangan, hingga mengidap penyakit tertentu.

Bau mulut sebenarnya wajar, apalagi ketika bangun tidur atau makan-makanan tertentu seperti petai atau jengkol.

Namun, masalah ini bisa menjadi parah jika baunya sangat menyengat bahkan mengganggu orang. Melansir Global News pada Kamis (13/12/2018), mengonsumsi beberapa makanan maupun minuman ini juga bisa mendatangkan bau mulut.

Bawang putih & bawang merah

Tidak bisa dipungkiri jika mengonsumsi bawang sangat baik untuk kesehatan di samping sebagai penambah kelezatan masakan atau makanan yang kita konsumsi.

Nyatanya, bawang bisa berdampak pada bau napas Anda.

Menurut pakar diet Andy De Santis, bawang mengandung komponen sulfur yang sangat tinggi. Kandungan tersebut menyebabkan bau tak sedap pada mulut.

“Ya, komponen tersebut bagus untuk kesehatan, tapi juga menghasilkan bau tak enak sehabis memakannya,” katanya.

Kopi

Di balik rasanya yang nikmat, kopi bisa memperburuk bau napas Anda hingga mengakibatkan bau mulut. Kandungan kafein di dalamnya bisa membuat mulut terasa kering, akhirnya membuat napas beraroma tak sedap.

“Mulut yang kering adalah salah satu faktor penyebab napas yang bau karena mempercepat pertumbuhan bakteri dalam mulut,” ujar De Santis.

Produk susu

Siapa sih yang gak suka susu, keju, dan produk susu lainnya? Selain tinggi kalsium, susu juga bagus untuk kesehatan.

Namun, keseringan mengonsumsinya bisa membuat mulut Anda bau.

Menurut De Santis, produk susu kaya akan asam amino, mengakibatkan bakteri betah bersarang di mulut Anda. Akhirnya, mulut Anda jadi bau.

Akan tetapi, beberapa orang yang mengonsumsi yogurt tidak menyebabkan bau mulut karena mengandung bakteri baik.

Permen mint

Kebanyakan orang memilih makan permen mint karena rasanya segar dan dipercaya bisa mengatasi masalah bau tak sedap pada mulut. Padahal, makan permen ini malah bisa memperapah napas Anda lho, kenapa?

Kandungan minyak peppermint hanya sebagai penyegar, bukan penghilang bau mulut. Terutama penderita halitosis (merasakan bau tak sedap ketika mengembuskan napas) bertambah parah.

Kalau memang terdesak, cobalah makan permen tipis atau oral strips yang langsung melelah ketika dimasukkan ke dalam mulut. Selain itu, kandungan gula pada permen juga jadi faktor lain penyebab mulut bau, untuk itu sehabis makan permen dianjurkan minum air agar tidak menimbulkan bau tak enak.  [dv]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *