Selain Macaron, Dessert Perancis Ini Memanjakan Mata dan Lidah

BERITA LIVE – Perancis, negara Eropa yang dikenal punya standar tinggi terhadap makanan. Di sana makan dan masak bukanlah hal yang remeh. Tak heran kamu bisa menemukan banyak bistro-bistro keren yang berjejer di jalanan Paris, menawarkan sensasi makan terbaik. Selain makanan utamanya yang enak, Perancis juga dikenal dengan dessert-nya yang gak abal-abal. Berikut beberapa dessert asal Perancis yang tak hanya enak di lidah tetapi juga indah dipandang mata. AyukTraveling

Mendiants

Mendiants (chocolat & fruits secs)

Pada dasarnya mendiants adalah kepingan cokelat yang diberi topping kacang-kacangan atau buah-buahan kering. Bisa kismis, hazelnut, kacang almond, pistachio, atau bahkan gula-gula. Sesuai kreasi dan selera saja pokoknya.

Canelés

Maple Canelés | Maple from Canada

Hidangan manis dan mungil lainnya adalah caneles yang merupakan kue panggang. Bedanya ia cukup padat dengan isian custard di dalamnya dan bagian luarnya yang agak krispi karena terkaramelisasi. Biasanya, hidangan ini banyak ditemui di daerah Bordeaux, namun tidak menutup kemungkinan toko kue di sekitar Paris pun menyediakannya. Banyak juga yang menambahkan topping di bagian atasnya dengan krim cokelat atau bahkan buah stroberi.

Kouign Amann

Kouign-amann : découvrez les recettes de cuisine de Femme Actuelle Le MAG

Selain croissant, Perancis pun memiliki kouign amann yang merupakan roti krispi dengan bentuk mirip donat tetapi jika diperhatikan sebenarnya berbahan pastry yang disusun sedemikian rupa. Roti ini kemudian disajikan bersama gula dan selai buah.

Opera Cake

Opera Cake (Recipe & Video)

Opera cake adalah kue khas Perancis dengan citarasa kopi dan cokelat. Bahannya adalah sponge cake dan buttercream rasa kopi. Dibentuk dengan lapisan selang-seling, kemudian ditutup dengan chocolate ganache di bagian atasnya.

Religieuse

Religieuse Rose & Fraise - Picture of Laduree, Dubai - Tripadvisor

Religieuse adalah dua kue sus yang disusun berdasarkan ukurannya, besar di bawah dan kecil di atas. Biasanya mereka sudah diisi krim dengan rasa sesuai selera, kemudian dihias dan ditumpuk menjadi satu kesatuan kudapan yang lezat dan cantik.

Paris-Brest

Paris-Brest Recipe - YouTube

Bahannya masih kue sus dengan ukuran yang biasanya lebih besar, kemudian dibelah menjadi dua dan diisi dengan krim pada bagian tengahnya. Toppingnya sesuai selera, bisa buah-buahan yang disiram ganache cokelat atau taburan gula halus. Kue ini sebenarnya dibuat sebagai kenang-kenangan atas keberhasilan sebuah balapan sepeda dari Paris-Brest-Paris yang diadakan tahun 1910.

Tarte Tatin

How To Make Tarte Tatin | Rachael Ray Show

Semacam pie buah dengan pastry di bagian bawah dan buah yang sudah terkaramelisasi pada bagian atasnya. Buah yang digunakan biasanya apel. Namanya sendiri diambil dari nama hotel yang pertama kali memperkenalkan hidangan ini di Perancis dan kini dikenal sebagai salah satu dessert favorit. Tak hanya di hotel itu, Tarte Tatin sudah bisa dijumpai di banyak toko kue.

Bugnes Lyonnaises

Bugnes Lyonnaises

Penganan ini mirip dengan donat gula, bedanya pada bentuk dan teksturnya yang lebih krispi. Makanan ini sering pula disebut angel wings karena penampakannya. Tertarik buat bikin sendiri di rumah?

French lemon tart

Lemon tart recipe - Raymond Blanc OBE

Kue lemon dengan konsistensi yang padat dan manis ini memiliki bagian krispi di bagian luarnya. Mirip dengan kue pie. Kemudian dipermanis dengan tambahan meringue, yaitu semacamwhipped cream manis yang dibakar dengan torch hingga mengeras.

Benar-benar memanjakan mata dan menggugah selera bukan? Tertarik untuk mencoba sendiri di rumah ?

-Gr-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *