Selalu Waspada Pencurian Motor Dengan Modus Menukar Plat Nomor Bandung

BERITA LIVE – Polisi membongkar praktik pencurian kendaraan roda dua dengan modus plat nomor palsu yang dilakukan AC (48). Para pelaku selalu menyasar tempat parkir resmi untuk mengurangi kecurigaan petugas.

 

AC kerap melakukan aksinya dengan modal plat nomor dan STNK. Biasanya, setelah mendapatkan kendaraan yang diincar, ia mengganti plat nomor dengan cepat.

 

Lalu, ia akan mendatangi petugas parkir dengan mengaku kartu parkir hilang. Untuk memuluskan modusnya, ia menunjukan STNK bodong yang sesuai dengan plat nomor yang sudah disiapkan.

 

“Jadi saat beraksi, pelaku ini menukar plat nomor yang di bawanya untuk di tempelkan pada motor incarannya, hal ini untuk mengelabui petugas parkir,” ujar Kapolsek Coblong AKP Auliya Rifqie Djabar, saat ungkap kasus di Mapolsek, Kamis (5/9).

 

Sebelum tertangkap, ia berhasil mencuri berbagai jenis kendaraan motor mulai dari jenis matic, bebek dan motor sport. Lokasi yang kerap menjadi incaran pelaku, yakni halaman parkir di berbagai universitas di Kota Bandung.

 

Aksinya terbongkar saat polisi menindaklanjuti sejumlah laporan kehilangan kendaraan. Setelah penyelidikan, AC berhasil diamankan beserta enam motor yang hendak dijual.

 

Diketahui, tersangka merupakan seorang residivis dengan kasus yang sama soal pencurian motor. Dirinya baru dapat menghirup udara bebas terhitung enam bulan kemarin.

 

Tersangka pernah ditangkap karena kasus pencurian motor dengan modus tukar plat nomor ini, pungkasnya.

 

AC pun kini kembali mendekam di balik jeruji besi. Polisi sangkakan kepadanya pasal 363 KUHP tentang pencurian disertai pemberatan, dengan ancaman pidana diatas lima tahun penjara. {le}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *