Siang bolong, warga temukan bayi dibuang di belakang Puskesmas Solo

BERITALIVE – Aksi pembuangan bayi di Kota Solo kembali terjadi. Setelah sepekan lalu, bayi laki-laki ditemukan di Jalan Juanda, kali ini bayi berjenis kelamin sama dibuang di belakang Puskesmas Krembyongan Kadipiro, Banjarsari, Solo.

Informasi yang dihimpun, warga samar-samar mendengar tangis bayi tersebut. Setelah dicari petugas Puskesmas Krembyongan ternyata suara tersebut berasal dari belakang puskesmas. Dan setelah didekati, ternyata sesosok bayi yang diletakkan di lantai.

“Awalnya saya dengar suara bayi menangis di sekitar puskesmas. Saya cari lokasi asal suara tapi tidak ketemu. Ternyata sudah ditemukan oleh pegawai Puskesmas Krembyongan,” ujar Erna (47) warga sekitar lokasi, saat ditemui.

Ema mengatakan, bayi ditemukan sekitar pukul 9.30 WIB. Saat ditemukan, kondisi bayi dalam kondisi bersih dan lengkap dengan peralatan bayi. Seperti tas besar, baju, susu dan botolnya.

Selanjutnya temuan bayi dilaporkan kepada pihak berwajib untuk dan bayi dirawat di Klinik Bhayangkara. Sayang tak ada satupun pegawai puskesmas yang mau memberikan keterangan terkait penemuan bayi tersebut.

Sementara, Kepala Bidan Klinik Bhayangkara, Evi Imawati menjelaskan kondisi bayi mempunyai berat 2.400 gram namun agak menguning dan kurang minum. Ia memperkirakan bayi malang tersebut berumur hari. Apalagi kondisi tali pusarnya juga sudah layu dan kondisinya sudah bersih.

“Kemungkinan dia sudah dilahirkan beberapa hari lalu., mungkin sudah tujuh hari,” jelasnya.

Selanjutnya, kata Evi, bayi tersebut akan dirawat di RS Bhayangkara. Perawatan awal yakni dengan pemberian minum susu formula. Evi menduga proses kelahiran dilakukan di pusat kesehatan. “Karena tali pusar telah dipotong dengan benar dan sesuai,” tutupnya.

JM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *