Situasi Yang Kondusif, Objek Wisata Di Gunung Merapi Yang Sudah Kembali Dibuka

Image result for Situasi kondusif, objek wisata di Gunung Merapi kembali dibuka

BERITALIVE –  Setelah sempat ditutup karena aktivitas kegunungapian Gunung Merapi, objek wisata di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) yang sudah kembali dibuka untuk umum. Dibukanya kembali objek wisata ini yang berdasarkan pada surat edaran dari Balai TNGM yang dikeluarkan di 31 Mei 2018.

“Merujuk rekomendasi dari BPPTKG perihal aktivitas Gunung Merapi di tingkat waspada level II dan batas aktivitas penduduk di radius 3 km, serta memperhatikan kondisi lapangan yang di mana objek wisata alam yang berada di luar radius 3 km dan dampak abu vulkanik yang telah berkurang, jadi objek wisata di dalam kawasan TNGM yang dibuka kembali untuk aktivitas pengunjung dengan mematuhi aturan dan ketentuan yang ditetapkan,” ujar Kepala Balai TNGM, Ammy Nurwati dalam surat edarannya, Kamis (31/5).

Untuk objek wisata yang sudah dibuka kembali adalah Tlogo Muncar dan Tlogo Nirmolo di Kaliurang-Pakem, Sleman, Panguk dan Plunyon di Kalikuning-Cangkringan, Sleman, Deles Kemalang di Klaten, dan Jurang Jero, Srumbung di Magelang.

Terpisah, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman, Makwan yang mengatakan pembukaan objek wisata yang akan membuat para wisatawan kembali datang. Dirinya pun yang mengimbau kepada wisatawan supaya mereka yang tetap meningkatkan kewaspadaannya terhadap aktivitas kegunungapian Gunung Merapi.

“Kawasan wisata Kaliurang aman dikunjungi meski status aktivitas Merapi waspada. Tapi para pengunjung yang kita imbau tetap dengan kewaspadaan pada saat berwisata. Posko Utama BPBD Sleman yang sudah siap mengawal dan mendampingi. Bila ada perubahan aktivitas Merapi akan segera kami sampaikan,” tutup Makwan. (st)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *