Sukses dengan Manajemen Keuangan yang Baik

Sukses dengan Manajemen Keuangan yang Baik

Dalam memulai usaha tentunya banyak sekali yang harus Anda persiapkan, dari perencanaan usaha yang matang, modal, perincian segala sesuatu yang dibutuhkan. Salah satu hal yang penting untuk dilakukan adalah Anda melakukan manajemen keuangan yang baik sehingga usaha Anda lebih berstruktur dan juga sudah siap untuk keadaan yang terburuk dalam usaha Anda. Meskipun Anda memiliki omset yang besar pada usaha Anda, segalanya akan sia-sia jika Anda tidak memiliki manajemen keuangan yang baik.

Berikut ini kami akan share beberapa tips untuk mengatur keuangan untuk Anda yang akan memulai usaha

Pisahkan Keuangan Pribadi dan Keuangan Usaha
Meskipun Anda terhitung baru memulai usaha, tetapi ini adalah hal yang cukup penting dilakukan. Anda harus memisahkan keuangan yang milik pribadi Anda, dan juga keuangan usaha Anda di dua tabungan yang bebeda agar lebih mudah mengontrol keduanya. Sekecil apapun usaha Anda sebaiknya pisahkan uang pribadi dan usaha. Anda juga harus cermat dalam menentukan tabungan yang tepat untuk meyimpan keuangan usaha Anda. Tabungan usaha harus memiliki fasilitas yang mudah diakses dan juga memberikan informasi yang cukup lengkap sirkulasi keuangan usaha Anda.

Rencanakan Penggunaan Uang
Anda harus pintar-pintar mengalokasikan uang usaha Anda semaksimal mungkin. Anda harus memperhitungkan berapa persen uang yang digunakan untuk operasional usaha, berapa persen penetapan laba, berapa persen uang untuk cadangan kas usaha dan jangan lupa Anda juga harus menyisihkan uang Anda untuk pengembangan usaha itu sendiri, agar usaha Anda terus maju dan tidak berhenti ditempat. Perencanaan ini berguna untuk menciptakan pola yang teratur untuk usaha Anda kedepannya.

Pembukuan yang Rapi
Meskipun segala sirkulasi keuangan Anda telah tercatat di tabungan usaha, Anda juga harus membuat pembukuan untuk usaha Anda, dan mencatat segala sesuatu yang terkait dengan usaha Anda. Mulai dari pemasukan, pengeluaran, hutang dan juga piutang, pembayaran wajib seperti listrik, air dan lainnya yang berkaitan dengan usaha Anda. Sekecil apapun transaksi ataupun kegiatan yang terjadi harus dicatat dengan rapi agar lebih terorganisir dan mudah mengevaluasinya.

Cermat dalam Hutang Usaha
Saat bisnis mulai berjalan baik, Anda tentu ingin mengembangkannya. Banyak bank yang menawarkan kredit modal kerja untuk para pengusaha yang ingin mengembangkan usahanya, tapi Anda harus cermat dalam meminjam modal usaha. Anda harus teliti kredit mana yang sangat cocok untuk usaha Anda, agar nantinya Anda tidak direpotkan akan beban cicilan hutang yang akan mengacaukan keuangan usaha Anda. BCA memiliki banyak tipe kredit modal kerja yang bisa Anda tinjau, apa yang paling pas, apakah pinjaman jangkan pendek ataupun jangka panjang, yang tentunya berbeda pula resikonya.

Kontrol Arus Kas Usaha
Anda harus mengontrol arus kas usaha Anda. Jika arus kas usaha Anda lancar, aktifitas usaha Anda juga ikut lancar. Gunakan anggaran usaha seperlunya saja dan secukupnya, tidak perlu berlebihan karena akan menimbulkan pemborosan pada usaha Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *