Susah Buang Air Besar? Ini 5 Jus Buah yang Bisa Mengatasinya

Susah Buang Air Besar? Ini 5 Jus Buah yang Bisa Mengatasinya

Berita Live – Susah buang air besar atau sembelit merupakan masalah umum yang bisa dialami siapa pun. Ketika seseorang tidak bisa buang air besar setidaknya tiga kali dalam seminggu, ini bisa dikatakan mengalami sembelit.

Sembelit atau susah buang air besar adalah salah satu masalah yang harus segera diperhatikan karena menimbulkan ketidaknyamanan dan dapat menimbulkan gangguan kesehatan seperti wasir, fisura anus, kondisi kolon, dan gangguan urologi.

1. Jus nanas
4 Manfaat Super Minum Jus Nanas Setiap Hari : Okezone Lifestyle

Nanas dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Buah ini mengandung enzim bromelain yang dapat membantu meningkatkan pergerakan usus. Enzim ini mengandung cairan yang membantu melancarkan saluran tinja.

2. Jus apel
10 Rekomendasi Jus Apel Terbaik (Terbaru Tahun 2020) | mybest

Buah ini kaya akan serat, mineral, dan vitamin yang dapat membantu mencegah sembelit. Anda bisa mencampurkan apel, setengah sendok teh bubuk adas, dan setengah cangkir air ke dalam blender. Adas mengandung serat makanan yang membantu menahan air dalam tinja dan memperlancar buang air besar.

3. Jus anggur
Cara Membuat Jus Anggur yang Gak Bikin Ribet, Penasaran ?

Ambil anggur segar, tambahkan jahe, dan air ke dalam blender. Tuang ke dalam gelas dan minum. Anggur kaya akan serat dan mengandung air, yang membantu melembabkan tubuh dan melancarkan buang air besar.

4. Jus jeruk
Riset IPB –UI : Minum Jus Jeruk Bersama Kulitnya Bisa Tangkal Virus Corona  - BeritaBeta

Jeruk tinggi akan vitamin C, mineral, dan serat yang dapat membantu merangsang pergerakan usus. Campurkan satu jeruk yang dicincang kasar dan tambahkan sejumput garam hitam ke dalam jus.

5. Jus lemon
Jual GEMELI sari lemon 500ml / vitamin C / jus lemon - Kota Surabaya -  azzahra14 | Tokopedia

Selain jeruk, lemon juga merupakan sumber vitamin C dan serat yang bagus dan baik untuk mengobati sembelit. Selain itu, lemon juga merupakan obat yang dapat digunakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Ambil setengah buah lemon, tambahkan madu, dan bubuk jinten. Tambahkan ke dalam secangkir air hangat. Aduk rata dan minum.

( lc )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *