SYARAT ARGENTINA UNTUK DAPAT LOLOS DARI LUBANG JARUM

Berita live – Tragedi tak lolos Piala Dunia 1970 sangat mungkin terulang, namun Argentina punya lima skenario untuk tetap berangkat ke Rusia 2018.

Juara dunia dua kali Argentina menghadapi situasi pelik di penghujung kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan. Menyusul hasil seri tanpa gol kontra Peru, Kamis (5/10), Argentina kini terdampar di peringkat enam klasemen dengan koleksi 25 poin. Lionel Messi dkk. berada di ujung tanduk!
Beruntung, karena peringkat ketiga yang dihuni Cile hanya berjarak satu poin dengan Argentina, maka beragam skenario bisa tercipta di laga pamungkas kualifikasi yang akan berlangsung pada Selasa (10/10) depan.
Artinya, harapan pasukan Jorge Sampaoli untuk lolos ke Rusia 2018 masih terbuka. La Albiceleste tentu saja ingin terhindar dari pengulangan sejarah pahit Meksiko 1970, satu-satunya Piala Dunia yang gagal mereka ikuti.

Kabar baiknya, di laga pamungkas Argentina akan menghadapi Ekuador, tim yang sudah dipastikan tersingkir. Meski demikian, Ekuador tentu tetap menjaga gengsi karena mereka bermain di kandang sendiri di Estadio Olimpico Atahualpa, Quito. Selain itu, hasil di laga lain juga turut berpengaruh.
Setidaknya ada lima skenario yang bisa ditempuh Argentina dalam laga krusial kontra Ekuador tersebut. Lewat jalur otomatis (peringkat 1-4) maupun jalur play-off (peringkat 5) melawan Selandia Baru tidak jadi soal, asalkan tiket mentas di putaran Piala Dunia 2018 dalam genggaman.

Pertama, skenario ideal. Argentina menang atas Ekuador, sementara Cile gagal mengalahkan Brasil. Hasil ini akan membuat Argentina finis empat besar dan lolos otomatis. Situasi serupa akan terjadi jika Argentina menang atas Ekuador, sementara Peru gagal menaklukkan Kolombia.

Kedua, kemenangan atas Ekuador hanya akan mengantarkan Argentina finis kelima alias harus melalui jalur play-off. Hal itu terjadi apabila Cile dan Kolombia sama-sama memetik kemenangan, masing-masing atas Brasil dan Peru.

Ketiga, Argentina sebetulnya cukup bermain seri dengan Ekuador untuk bisa lolos otomatis. Namun ini adalah plot yang berisiko karena harus menggantungkan hasil pada tiga laga lain: Cile harus kalah dengan selisih dua gol atau lebih kontra Brasil, Kolombia menang atau kalah kontra Peru, dan Paraguay gagal menaklukkan Venezuela. Permutasi ini akan membuat Argentina finis keempat.

Keempat, merupakan modifikasi dari skenario ketiga. Argentina bermain imbang kontra Ekuador disertai dengan kekalahan telak Cile kontra Brasil, hasil seri Peru-Kolombia, dan Paraguay gagal menang atas Venezuela. Rangkaian hasil di atas akan membuat Argentina finis kelima alias masuk jalur play-off.

Kelima adalah skenario paling berisiko. Kendati kalah melawan Ekuador, Argentina tetap berpeluang lolos lewat jalur play-off. Syaratnya dua: Peru menelan kekalahan (vs Kolombia) lebih berat ketimbang kekalahan yang diderita Argentina (vs Ekuador), dan Paraguay hanya sanggup bermain seri atau kalah kontra Venezuela.
Skenario mana yang kiranya bakal terjadi? Mampukah Argentina keluar dari lubang jarum?
(th)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *