Taktik Cinemaxx Menggusur Bioskop Cinema 21 di Mal Lippo

BERITALIVE – Semenjak adanya keterbukaan investasi dalam bisnis bioskop 21cinemax, pada bisnis pemutaran film layar yang lebar menjadi akan semakin semarak. Beberapa pemain baru bermunculan, CINEMA 21 tak lagi melenggang sendiri sebagai pemain yang skala dan cukup nasional. Namun, eksistensi CINEMA 21 sejak 1987 hingga hari ini memang masih saja dominan. Persepsi untuk orang pada bioskop memang masih melekat pada CINEMA 21 atau XXI.

Rusna Fajriah, 27 tahun, seorang karyawati yang sudah berdomisili di Jakarta Selatan, termasuk yang ganderung dengan Bioskop 21 daripada yang lain.

“Saya pilih 21. Cinemaxx sih enak juga, bisa dipesan via Gojek (Aplikasi). Tapi nggak tahu kenapa, kalau nonton bioskop mindsetnya pasti ke Bioskop 21,” kata Rusna kepada Tirto.

Cerita yang sama juga sehingga akan dirasakan oleh Ruby, 21 tahun, seorang mahasiswa yang berdomisili di Tangerang Selatan. Ia mengaku bahwa bila ia ingin menonton film Korea, cenderung lebih memilih jaringan bioskop CGV. Namun, bila ingin menatap layar film box office dengan fasilitas VIP, pilihannya jatuh pada Cinemaxx Gold.

Kalau reguler bareng teman-teman seringnya ke XXI,” kata Ruby.

Posisi pada jaringan CINEMA 21 ini juga sebagai salah satu pemain lama yang memang sudah tidak mudah lagi untuk digantikan oleh para pendatang baru. Berdasarkan riset Tirto, jumlah pasar bioskop saat ini memang masih didominasi oleh PT Nusantara Sejahtera Raya, pemilik jaringan CINEMA 21. Mereka sedikitnya memiliki 248 bioskop yang tersebar di sejumlah kota di Indonesia, sekaligus menempatkan CINEMA 21 sebagai penguasa pasar.

Pesaing utamanya adalah CGV Cinemas dan Cinemaxx. Namun, secara jumlah bioskop dan layar, CGV dan Cinemaxx masih kalah jauh. Hingga 8 Januari 2018, jumlah bioskop CGV hanya 42 gerai dan Cinemaxx sebanyak 34 gerai.

Namun, perkembangan CGV Cinemas dan Cinemaxx, suka tidak suka harus diantisipasi oleh si penguasa pasar. Sejak diluncurkan pada 2006 lalu di Mall Paris Van Java (PVJ) Bandung, CGV Cinemas langsung disambut antusias oleh para pecinta film.

JM

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *