Takut Pakai Toilet Umum? Jangan Khawatir, Ikuti Tips Berikut!

BERITALIVE – Selama ini, toilet atau WC umum dikenal mengandung bakteri jahat yang bisa mempengaruhi kesehatan kita. Mau itu di tempat umum atau bahkan yang berada di kantor atau tempat kerja, toilet seperti ini kadang membuat kita tidak nyaman menggunakannya.

Keharusan menggunakan toilet umum karena kebutuhan mendesak menjadi lebih sulit ketika seseorang mengidap germphobia atau takut terhadap bakteri. Tapi, karena ini kebutuhan, mau tidak mau, Anda harus menggunakannya ketika Anda kebelet pipis atau bahkan buang air besar di tengah jalan.

Nah, untuk mengatasi perasaan tidak nyaman Anda ketika menggunakan toilet atau WC umum, ada sejumlah tips yang bisa Anda pakai. Dikutip dari Times of India, langkah berikut bisa membuat Anda merasa aman dan sehat ketika menggunakan toilet umum.

1. Pertama-tama, jangan masuk ke toilet kecuali Anda melihat ada tisu.

2. Usap dudukan toilet dengan tisu basah atau semprotan disinfektan. Tidak membawa? Jangan khawatir, pakailah tisu yang tersedia. Tanpa terlihat seperti fobia toilet, ambil dua lapisan pertama tisu toilet dan buanglah karena bagian ini terekspos bakteri orang yang menggunakannya sebelum Anda.

3. Ketika akan mengguyur, jangan pakai tangan Anda. Ambil beberapa lembar tisu untuk menekan tombol guyur atau bilas. Keterampilan ninja bisa berguna di sini—gunakan kaki Anda!

4. Wastafel di toilet umum itu lebih tidak higienis ketimbang dudukan WC-nya. Ini karena orang masuk dengan semua di tangannya untuk dibersihkan di wastafel. Jadi, cucilah tangan Anda dengan benar. Gunakan sabun cair, cuci selama 10—20 detik lalu bilas sampai bersih. Pastikan Anda menggunakan tisu untuk menutup keran air kalau tidak otomatis.

5. Selalu keringkan tangan Anda. Kalau ada pengering tangan, maka itu adalah pilihan terbaik.

6. Siap meninggalkan toilet? Maka, Anda akan menyentuh area yang juga terkontaminasi bakteri—pegangan atau plat pendorong pintu toilet. Sebelum keluar, ambil beberapa lembar tisu dan gunakan saat membuka pintu.

7. Pakailah hand sanitiser dan Anda pun bisa melenggang dengan aman! (WS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *