Tanda Garis Putih Di Kuku, Ini Artinya !

BERITA LIVE-

Tahukah anda bahwa tubuh menyimpan banyak sekali rahasia yang salah satunya ialah garis putih yang sering kita temukan pada kuku jari kita.

Ada yang mengatakan bahwa garis putih di kuku ini memiliki mitos, lo. Kalau garis ada di kuku tangan sebelah kanan, ada yang menyukai kita, sedangkan jika garis putih ada di kuku jari kiri, maka artinya ada yang tidak suka pada kita.

Selain mitos tadi, garis putih yang muncul di kuku juga dianggap karena kita kekurangan beberapa zat gizi, seperti vitamin, kalsium, atau zinc.

Lalu apakah penyebab utama munculnya garis putih di kuku jari?

Garis putih di kuku jari kita ada sebutannya, yaitu leukonychia. Meskipun nama garis putih ini terdengar serius dan berbahaya, sebenarnya garis putih di kuku tidak berbahaya, kok.

Garis putih bisa muncul di kuku karena beberapa sebab, misalnya karena adanya trauma ringan atau sedang pada kuku yang sedang tumbuh.

Ketika terdapat garis putih di kuku, beberapa orang tidak menyadari proses munculnya garis putih ini, karena pertumbuhan kuku berlangsung dengan lambat.

Hal ini kemudian menyebabkan mereka tidak menyadari trauma atau cidera yang pernah terjadi pada kuku beberapa waktu sebelumnya.

Selain karena trauma atau cedera, munculnya garis putih di kuku juga bisa disebabkan oleh faktor lainnya, lo, misalnya ada infeksi ringan pada kuku atau alergi pada obat tertentu.

Leukonychia biasanya lebih banyak muncul di kuku jari tangan dibandingkan kuku jari kaki.

Namun jika kalian melihat banyaknya garis putih yang muncul di kuku jari, hal ini bisa saja menandakan suatu kondisi medis yang lumayan serius, lo.

Kondisi medis tersebut misalnya penurunan fungsi ginjal, anemia, atau diabetes, dan sebaiknya segera dikonsultasikan ke dokter.

(SL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *