Terdapat Banyak Jemaah Yang Selundupkan Air Zamzam Di Dalam Koper

Berita live-Madinah – Jauh-jauh hari, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi mengimbau jemaah tak membawa air zamzam karena sudah dapat jatah 5 liter. Sayangnya, banyak jemaah tak patuh. Mereka memasukkan air zamzam ke dalam koper apapun caranya.

Pemeriksaan dilakukan secara ketat oleh petugas. Dua hari sebelum jemaah berangkat, barang bawaan jemaah ditimbang di hotel. Kemudian koper dicek di tempat khusus dengan memakai X-Ray. Nah dari situ lah, ketahuan jemaah membawa zamzam.

Sebagian jemaah mengemas air zamzam dalam botol dan menutupnya dengan barang bawaan lain. Sajadah misalnya. Petugas membongkar koper, kemudian mengeluarkan botol-botol berisi air zamzam. Kegiatan ini tentu saja menyulitkan petugas karena harus mengepak lagi koper.

 

“Kita sudah sampaikan kepada jemaah agar tidak membawa air zamzam di dalam koper. Karena jemaah akan mendapat jatah 5 liter di embarkasi masing-masing,” kata Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Mekah, Nasrullah Jasam, Jumat (8/9/2017).

Nasrullah menegaskan petugas akan membongkar koper jemaah yang terdeteksi membawa air zamzam. “Saya imbau lagi, tidak perlu membawa air zamzam. Ini demi keselamatan dan kelancaran kepulangan jemaah,” katanya.

Jemaah Indonesia mulai dipulangkan ke Tanah Air sejak Rabu (6/9). Jemaah dari Mekah digeser ke Jeddah dan diterbangkan melalui Bandara Internasional King Abdul Aziz. Sementara jemaah gelombang dua akan digeser dari Mekah ke Madinah mulai Selasa (12/9).
(th)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *