Ternyata Ini Gejala Awal Kanker Paru Paru Yang Perlu Diperhatikan!

BERITALIVE-Kanker paru paru merupakan salah satu bentuk kanker paling mematikan, karena gejala yang sulit dideteksi di tahap pertama dari penyakit ini menyerang. Setelah gejala yang berhasil didiagnosis, biasanya kanker sudah berkembang ke tahap 3.

Bahkan, sebanyak 40 persen dari pasien yang didiagnosis terkena paru-paru sudah di tahap 3. Bahkan sinar x tidak mampu mendiagnosa di tahap awal, kecuali dengan melakukan CT scan namun biayanya cukup mahal.

Disarankan orang-orang dengan umur antara 55 dan 80 tahun, masih menjadi perokok aktif selama lebih dari 15 tahun, untuk menjalani CT scan untuk memastikan mereka tidak dalam bahaya.

Namun, ada gejala tertentu dari kanker paru-paru tahap awal yang harus kita perhatikan. berikut adalah 7 dari gejala awal kanker paru-paru yang paling umum terjadi:

Muncul suara saat bernafas.

Kita semua tahu bagaimana pernapasan yang normal, tidak suara dan kita dapat dengan mudah mengetahui jika ada beberapa penyimpangan pernapasan yang terjadi. Jika Anda melihat bengek atau sesak nafas ditandai suara dari paru-paru, untuk segera berkonsultasi dengan dokter. Ini tidak selalu harus Anda memiliki kanker paru-paru, namun ada baiknya mendapatkan perhatiak khusus.

Sesak napas.

Sesak napas dan kesulitan bernapas adalah gejala yang selalu dikaitkan dengan sejumlah kondisi medis seputar penyakit pernapasan. Tapi ini juga merupakan salah satu tanda-tanda pertama dari kanker paru-paru, yang dapat terjadi karena tumor yang menghalangi atau penyempitan saluran udara atau ada penumpukan cairan di dada.

Nyeri di dada, punggung atau bahu

Nyeri di dada, punggung atau bahu adalah sesuatu yang selalu dikaitkan dengan beberapa kondisi kesehatan, termasuk gejala awal kanker paru-paru. Bahkan jika Anda merasa sehat secara keseluruhan, tapi bagian dada, punggung atau bahu sakit maka Anda perlu ke dokter sesegera mungkin.

Batuk terus-menerus.

Batuk terus-menerus adalah gejala lain dari kanker paru-paru. Namun, jika batuk berhenti dalam 2-3 minggu itu mungkin beberapa infeksi pernapasan dan tidak ada yang perlu khawatir. Tapi jika tidak, dan keluar lendir Anda harus mengunjungi dokter untuk mengathui kondisi lebih lanjut.

Sakit kepala terus menerus.

Jika kanker memiliki metastasis di otak, orang yang terkena kanker dapat merasakan sakit kepala biasa, tapi itu tidak selalu terjadi. Hal ini juga dapat terjadi karena tumor paru-paru menekan pembuluh darah utama, yang membawa darah ke otak dari bagian atas jantung.

Nyeri tulang.

Jika Anda merasa nyeri tulang atau nyeri di bagian lain dari tubuh, maka pergi ke dokter untuk mendapatkan penjelasan tentang kondisi kesehatan Anda, termasuk mengetahui kondisi paru-paru.

Berat badan.

Jika Anda berat badan mulai turun tanpa ada alasan yang jelas, Anda harus memeriksakan diri ke dokter untuk melihat apa yang salah. Ini umum untuk seseorang yang menderita kanker, memulai dengan cepat penurunan berat badan karena sel-sel kanker yang menguras energi dapat mengonsumsi makanan dan membakar kalori tanpa melakukan apa-apa.

RW.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *