Ternyata Kaldu Ikan Dapat Menurunkan Berat Badan Anda Loh!

BERITA LIVE – Banyak sekali olahan ikan yang disukai oleh masyarakat. Disamping harganya yang murah dan mudah didapat, ikan juga merupakan sumber vitamin dan protein.

Cara pengolahannya pun beragam. Mulai dari dalam negeri, yaitu ikan balado, sampai luar negeri, yaitu sushi. Kedua olahan ikan tersebut menggunakan daging ikan untuk dihidangkan bersama nasi atau makanan laiannya.

Lalu, bagaimana dengan sisa bagian ikan yang tidak terpakai?

Bagian ikan lain seperti kepala, tulang dan ekornya biasanya dibuang. Padahal, bahan-bahan tersebut dapat didihkan bersama bahan dapur lain dan dijadikan kaldu ikan. Caranya pun sangat mudah, tinggal menumis ikan dengan bahan dapur lain lalu didihkan bersama air.

Walau terbuat dari bahan sisa, kaldu ikan memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Sekali lagi, ikan merupakan sumber vitamin dan protein, bahkan, sampai ke bagian tubuhnya. Berikut adalah beberapa manfaat dari mengonsumsi kaldu ikan:

1. Menurunkan Berat Badan

Tingkat yodium yang terdapat pada kaldu ikan sangat lah tinggi. Karena itu, kaldu ikan dapat membantu dalah hal penurunan berat badan. Walaupun tidak berperan secara langsung, hidangan ini juga dapat meningkatkan IQ dan membantu meringkankan obesitas. Tentunya, mengonsumsi kaldu ini dapat mencegah penyakit gondok.

2. Meningkatkan Kinerja Otak

Karena kaya akan vitamin, mineral dan asam amino, kaldu ikan akan sangat baik untuk otak. Zat-zat tersebut akan mendukung otak untuk bekerja lebih prima. Oleh karena itu, kaldu ikan adalah makanan yang cocok untuk mengoptimalkan kinerja otak.

3. Tambahan Kalsium

Saat mendengar kalsium, yang terbayang pasti lah tulang. Karena memiliki nutrisi seperti kalsium, kaldu ikan tentu sangat baik untuk kesehatan tulang dan akan menjaga tulang tetap kuat.

4. Penguat Sendi

Walaupun tidak menyembuhkan semua penyakit sendi, kaldu ikan yang memiliki kandungan gelatin sangat dikenal dalam penyembuhan penyakit osteoarthritis dan osteoporosis. Hal ini dapat terjadi dikarenakan di dalam gelatin yang dikandung hidangan ini terdapat kolagen yang memiliki fungsi mirip kalsium.

5. Mengembalikan Elektrolit

Minuman ini sangat lah cocok dikonsumsi setelah berolahraga. Kandungan elektrolit yang terbuang saat olahraga akan terisi kembali setelah mengonsumsi kaldu ikan. Otot juga akan pulih kembali karena kandungan asam amino. [DP]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *