Tersedak Bisa Berujung Maut, Segera Lakukan Pertolongan Secepatnya

BERITA LIVE – Ketika tersedak benda asing, seseorang tak hanya mengalami rasa itak nyaman saja, namun juga bisa membahayakan nyamanya. Oleh karena itu, seseorang tak bisa menyepelekan masalah tersedak ini dan perlu mendapat pertolongan yang tepat dan cepat.

Terdesak benda asing, seperti kacang, daging, buah dan bakso dapat menyumbat saluran pernapasan.

Saluran pernapasan bisa tersumbat total karena terdesak. Ini menyebabkan kematian kalau tidak di lakukan tindakan segera.

Pertolongan pertama yang  bisa di lakukan yakni teknik abdominl thrussts. Teknik ini di sebut juga Heimlich maneuver, yang mana cara menekan area ulu hati secara kuat untuk mengeluarkan sumbatan benda asing.

Tekniknya, kita berada di belakang korban yang tersedak, lalu tangan melingkari tubuh korban Ya, kita memeluk korban dari belakang, saat memeluk itu, satu tangan kita mengepal, jempol menekan di atas udel (pusar). Kita tekan itu, ini untuk meningkatkan diafragma sehingga benda asing dapat keluar, lakukan berkali – kali tambah Dicky.

Beberapa benda asing yang sering mengakibatkan tersedak, yakni jarum pentulm kacang, mainan anak yang ebrukuran kecil. Namun, paling banyak kasus, menurut Dicky, tersedak karena makanan.

Kita sebenarnya tidak dianjurkan makan sambuk multitasking( melakukan aktivitas lain), kalau makan ya di meja makan, konsentrasilah makan dengan tidak sambil bicara.

{cr}

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *