Tidak Hanya Sehat Untuk Mata, Ini 5 Manfaat Wortel Yang Jarang Diketahui

BERITA LIVE – Wortel adalah salah satu jenis sayuran yang mengandung banyak vitamin dan nutrisi. Dengan kandungan tersebut, manfaat wortel cukup penting untuk tubuh manusia. Wortel diketahui baik untuk memelihara kesehatan mata karena kaya akan vitamin A. Tapi khasiatnya tidak hanya itu, makanan berwarna oranye ini juga bisa menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, bahkan baik untuk kecantikan kulit. Wortel bisa dikonsumsi dengan cara dikukus sebentar, dimakan mentah atau dijadikan jus dan disarankan dikonsumsi setiap hari.

Selain itu manfaat wortel juga baik untuk kecantikan wajah. Seperti vitamin B karoten yang diubah menjadi vitamin A, merupakan vitamin yang dapat membantu melawan jerawat serta memperlambat sel-sel mati untuk mengurangi tanda penuaan dan flek akibat sinar matahari. Ternyata banyak banget ya manfaat wortel bagi kehidupan manusia.

1. Meningkatkan metabolisme

Manfaat wortel untuk kesehatan yang pertama adalah bisa membantu meningkatkan metabolisme. Dengan mengonsumsi jus wortel bisa meningkatkan level energi dan metabolisme. Ini karena manfaat vitamin B yang juga terkandung di dalam wortel, yang memecah glukosa, lemak, dan protein serta memastikan energi ini dipakai dengan efisien oleh tubuh kita.

2. Menyembuhkan luka

Wortel memiliki kandungan beta karoten yang tinggi, yang akan diubah menjadi retinol, salah satu bentuk paling murni vitamin A. Manfaat wortel untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu menyembuhkan luka. Pasalnya, vitamin A bermanfaat mengurangi kemerahan dan peradangan pada kulit. Gunakan jus wortel sebagai masker dan rasakan manfaat wortel.

3. Menjaga kesehatan jantung

Wortel memiliki banyak kandungan vitamin A, hidrat arang, kalsium, fosfor dan beta karoten. Dengan kandungan tersebut, manfaat wortel untuk kesehatan adalah menjaga kesehatan jantung. Hal ini berkat zat-zat yang terkadnung di dalam wortel mampu memberikan perlindungan terhadap kanker, penyakit jantung, menurunkan tekanan darah dan memperlambat efek penuaan.

4. Manfaat wortel untuk kesehatan bisa melawan efek buruk radikal bebas

Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang tinggi kandungan antioksidan. Sayuran berwarna oranye ini mengandung zat yang berfungsi untuk melawan radikal bebas yang bisa merusak tubuh dari dalam.

5. Turunkan Kolesterol

Sebuah penelitian di Harvard University mengungkapkan bahwa seseorang yang sedikitnya memakan enam wortel dalam satu minggu dapat menurunkan risiko kolesterol tinggi daripada yang hanya mengonsumsi satu butir saja dalam sebulan. Wortel merupakan sayuran yang tinggi serat, rendah kalori dan rendah lemak. Dengan serat ini manfaat wortel adalah membantu menurunkan kolesterol karena sifatnya yang menghambat lemak dan menurunkan kolesterol dalam darah. [DP]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *