Tiga Wisata Air Terjun Sibolangit di Tengah Hutan, dari yang Mudah Dijangkau Hingga Menantang

BERITALIVE –  Sibolangit memiliki kekayaan wisata air terjun yang sangat diminati wisatawan. Ini tiga air terjun eksotis yang wajib dikunjungi jika anda menyambangi kawasan Sibolangit.

Baik itu pecinta wisata ekstrim dengan mengunjungi wisata air terjun dalam hutan dengan melakukan tracking melewati tanjakan dan turunan yang curam ataupun wisatawan yang menyukai wisata nyaman dan mudah dijangkau khususnya untuk refreshing keluarga.

Ada Air Terjun Sampuran Putih di Pelosok Desa Cinta Rakyat, Basukum, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang menjadi air terjun yang menarik perhatian karena hijaunya air kolamnya dan lokasinya yang berada di tengah hutan namun tidak terlalu jauh dari pemukiman.

Di sana, wisatawan bisa menitipkan sepeda motor di rumah warga atau di warung depan sebelum memasuki hutan masuk Sampuran Putih.

Cukup berjalan sekitar 300 meter ke dalam hutan di pinggiran aliran sungai Seruwai, wisatawan akan melewati pepohonan tinggi besar, semak-semak hingga sedikit tanjakan dengan jurang di bawahnya.

Sampuran Putih hanya memiliki tinggi 3 meter, dan luas sungai yang kecil.

Airnya bersih dan newarna hijau. Dan tidak terlalu dingin karena sedikit bercampur dengan mata air panas di tingkatan atasnya, yang membuat warna aliran Sampuran Putih turun tampak bewarna putih namun menjadi hijau saat di bawah.

Ada Air Terjun Loknya di Desa Bandarbaru, Sibolangit, Sumatera Utara yang memiliki tinggi sekitar 25 meter dan untuk menjangkau sangat mudah karena sudah dikelola dan dibuatkan jalan aspal untuk masuk ke dalam wisatanya.

Air deras mengalir dari puncak Air Terjun Loknya, membuat mata terkesima memandang saat begitu sampai memarkirkan kendaraan.

Tebingnya yang berbentuk bak ada tancapan bebatuan semakin memperindah jatuhnya air terjun ke bawah. Bentuk tebing yang tidak beraturan juga tidak membuat wisatawan merasa sakit saat berada di bawahnya. Karena walaupun deras, air terlebih dahulu mengenai bagian tebing yang menonjol tersebut.
Keindahan itu tentu membuat wisata pemandian Air Terjun Loknya semakin dinikmati, sesuai dengan namanya yang disingkat dari Lokasi Nyaman (Loknya).

Sementara itu Pengelola, Hendri, menuturkan Loknya adalah singkatan dari Lokasi Nyaman, karena tempat wisata Air Terjun Loknya cocok untuk keluarga, nyaman untuk rombongan, dan pasangan.

“Siapapun akan nyaman di sini, selain aksesnya mudah, air tidak pernah pasang tinggi layaknya sungai besar dan pantai. Di sini ya selalu dangkal. Membawa anak-anak pun membuat para orang tua tidak terlalu kewalahan menjaga,” katanya.

“Fasilitas yang tersedia, seperti pondok lesehan, penginapan, aula, kamar mandi umum, Mushalla, beserta warung yang menyediakan makanan dan minuman, ada di tempat rekreasi ini,” jelasnya.

JM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *