Tips Agar Otak Tetap Terjaga Dan Sehat Selalu

Tips Menjaga Agar Otak Tetap Sehat dan Aktif

BERITALIVE -Kita mungkin telah memperhatikan pada banyak kesempatan bahwa banyak orang di atas usia 70 tahun biasanya memiliki masalah dengan memori dan fungsi otak lainnya.

Fungsi otak pada orang berusia lanjut mulai memburuk karena sel-sel otak mulai merosot seiring bertambahnya usia. Jika kita mempertahankan gaya hidup sehat, maka proses degeneratif otak melambat dan fungsi otak kita tetap aktif untuk waktu yang lebih lama.

Sebaliknya, jika Anda ingin otak Anda tetap awet muda dan aktif, meski seiring bertambahnya usia, ikuti tips berikut!

1. Kembangkan hobi
Lakukan hobi yang Anda cintai, yang merangsang kreatififitas, seperti melukis, menyanyi, menari, dll. Ini dapat membantu menjaga sel otak Anda tetap aktif untuk waktu yang lebih lama. Bila kita memiliki hobi, kita bekerja keras untuk mengembangkan keterampilan kita di bidang tertentu dan proses ini dapat membuat otak kita tetap aktif dan lebih tajam untuk waktu yang lama.

2. Lakukan latihan otak
Latihan tertentu untuk otak bisa membantu menjaga otak tetap aktif dan tajam, bahkan seiring bertambahnya usia. Latihan otak bisa dilakukan dengan memecahkan teka-teki, bermain sudoku, permainan memori, teka-teki silang, catur dan kegiatan merangsang otak lainnya secara teratur dapat membantu mencegah degenerasi sel otak.

3. Makan makanan sehat
Makanan sehat bisa mencegah dan mengobati sejumlah penyakit, dan dapat menjaga sel otak tetap terjaga dengan baik dan aktif untuk waktu yang lama.

BACA JUGA
Dahsyatnya Manfaat Menaruh Irisan Bawang di Bawah Kaki Sebelum Tidur
Waspada Banyak Kutu Rambut di Area Kemaluan
Pilihan Makanan Sehat selama Masa Kehamilan
4. Konsumsi omega-3
Aasam lemak omega-3 merupakan nutrisi yang dibutuhkan otak agar tetap sehat dan aktif untuk waktu yang lama! Ini dapat diperoleh dari makanan seperti ikan, ghee, kelapa, dan alpukat.

5. Hindari kelebihan multitasking
Biasanya, multitasking dianggap sebagai keterampilan hebat yang membuktikan kekuatan otak Anda. Namun, banyak penelitian telah membuktikan bahwa pekerjaan yang mengharuskan Anda melakukan multitask dan fokus pada hal yang berbeda sekaligus, dapat melemahkan lobus frontal otak. Bila lobus frontal otak terpengaruh, hal itu dapat menyebabkan degenerasi sel otak prematur, sehingga kurang aktif seiring bertambahnya usia.

6. Lakukan pekerjaan rumah tangga
Penelitian telah membuktikan bahwa terlibat dalam pekerjaan rumah tangga seperti mencuci piring, memasak, membersihkan, dll, juga merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaga agar sel otak Anda tetap muda dan aktif untuk waktu yang lama.

7. Turunkan kolesterol
Seperti yang mungkin sudah kita ketahui, kadar kolesterol tinggi di tubuh dapat menyebabkan efek kesehatan yang merugikan, termasuk seperti penyakit jantung, yang pada akhirnya dapat menyebabkan serangan jantung!

Namun, kita mungkin belum mengetahui fakta bahwa kadar kolesterol dalam tubuh dapat menyebabkan degenerasi sel otak prematur. Jadi, pertahankan tingkat kolesterol yang sehat agar otak tetap sehat dan aktif, meski seiring bertambahnya usia.

RW.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *