Tips Agar Puting Tidak Lecet Saat Menyusui, Penting Mom

BERITALIVE – Saat ini mom sedang menyusui? Memberikan ASI eksklusif memang impian setiap ibu. Namun tahukah mom jika memberikan ASI seringkali berisiko puting menjadi lecet. Jika dibiarkan puting akan menjadi iritasi dan berbahaya bagi kesehatan ibu. Nah, bagaimana ya mom agar puting tidak lecet dan mom lancar memberikan ASI.

Mom, berikut ini adalah tips agar puting tidak lecet saat menyusui. Yuk, simak tips dari vemale di bawah ini.

Sebelum menyusui sebaiknya kompres puting dengan kain lembut. Basahi dengan air hangat sebelum menyusui.
Meningkatkan frekuensi menyusui dapat mencegah terlukanya puting. Hal ini dikarenakan jumlah ASI yang masuk kedalam tubuh bayi akan semakin banyak meskipun dalam jumlah yang kecil.
Puting tidak masuk kedalam mulut bayi sampai pada areola, sehingga bayi hanya mengisap pada puting saja. Hal ini lah yang menyebabkan puting mom lecet.
Susui bayi sesering mungkin namun dengan waktu yang sebentar saja untuk setiap payudaranya.
Saat bayi menggigit puting letakkan satu jari yang bersih di antara mulut bayi dan payudara bagian samping.
Saat bayi sudah merasa tidak nyaman karena marah, tekan dagu bayi ke arah bawah agar gigitannya lepas sehingga risiko puting lecet dapat dihindari.
Jika sakit tidak tertahankan mom dapat konsultasi ke dokter untuk minum obat pereda sakit. Minum obat 2 jam sebelum menyusui.
Selain cara di atas, terdapat beberapa cara untuk mengurangi risiko lecet pada puting saat menyusui yaitu menghindari penggunaan sabun pada daerah payudara, menggunakan bra yang terbuat dari katun, dan menggunakan paraffin untuk mengobati luka yang muncul.

Well, semoga informasi ini bermanfaat ya mom. Luka lecet bukan halangan untuk memberikan yang terbaik untuk si kecil.

SC

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *