Tips Aman Mengajak Lansia Berwisata

BERITALIVE – Terkadang Anda bingung untuk mengajak orang tua yang usainya sudah lanjut untuk liburan. Alasannya tentu karena terlalu repot. Perjalanan wisata untuk wisatawan lanjut usia atau sering disebut senior citizen memang berbeda dengan wisatawan umumnya. Ini tipsnya.

Untuk turis lanjut usia, destinasi wisata yang dikunjungi akan lebih mengarah pada interaksi dengan masyarakat sekitar tempat wisata, kegiatan seni dan budaya, serta berbagai kegiatan unik.

Jarak yang tidak terlalu jauh dari sarana akomodasi serta jadwal yang tidak padat merupakan keharusan bagi wisata lansia. Dr. Rahmi Alfiah Nur Alam Sp Rad(K) memberikan saran agar aman membawa Lansia saat berwisata.

“Orang tua memang mempunyai kebutuhan khusus, tentu saja setiap penyelenggara wisata yang mengkhususkan wisatawan lansia harus menyesuaikan dengan kebutuhan khusus mereka, perencanaan jadwal, destinasi wisata yang tidak jauh, dan pemeriksaan kesehatan rutin setiap pagi sebelum berangkat dan setiap sore setelah menjalani wisata. Ini sebuah agenda wajib,” kata Dr Rahmi dalam keterangaan resmi yang diterima Sindonews.

Kehadiran Caregiver (perawat khusus) dalam setiap perjalanan wisata juga menjadi keharusan, di mana perwat khusus ini siap menemani wisatawan lanjut usia itu dalam berbagai suasana.

“Awalnya adalah bagaimana menyenangkan orang tua untuk dapat berwisata dengan aman dan nyaman. Sebagai anak, kita pun melepas orang tua berwisata dengan hati tenang karena sudah ada persiapan khusus dan juga tempat wisata yang khusus,” beber dia.(WS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *