Tips aman tinggalkan rumah sebelum mudik

BERITALIVE- mudik Lebaran, ada beberapa tips yang harus dilakukan agar kondisi rumah yang ditinggalkan tetap aman. Namun yang terpenting, menitipkan kunci rumah pada petugas kepolisian atau rukun tetangga (RT) setempat.

Pada saat mudik, biasanya pencuri spesialis rumah kosong akan merajalela menjarah rumah tersebut. Kepolisian sendiri sudah rutin menggelar patroli mengamankan rumah yang ditinggalkan mudik. Namun ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar rumah tetap aman.

Kepala Bidang Humas Polda Jabar Kombes Pol Martinus Sitompul, memberikan tips agar pencurian rumah kosong bisa di hindarkan.

“Buatlah jebakan, setidaknya saat si maling membuka pintu ada barang yang jatuh dan bisa mengundang perhatian warga,” tuturnya kepada BERITALIVE,  (12/01/2018).

Untuk lebih praktisnya, lanjut Martinus, masyarakat yang meninggalkan rumah bisa memasang alarm yang berfungsi sebagai jebakan. Jadi begitu pencuri masuk rumah, alarm akan berbunyi keras mengundang warga sekitar juga bisa membuat pencuri panik dan mengurungkan niatnya.

Tips kedua yang disarankan Martinus, menitipkan kunci kepada tetangga atau sanak saudara terdekat.

“Minta tolong kepada yang dititipkan agar menyalakan lampu pada malam hari, dan mematikannya pada pagi hari. Agar seolah-olah rumah tidak dalam keadaan kosong,” katanya.

Sementara itu, Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Abdul Rakman Baso mengimbau agar masyakarat bisa menitipan perhiasan berharga yang tidak dibawa pada safety box yang berada di bank.

Sedangkan untuk mengantisipasi pencurian, pihaknya telah mengintruksikan seluruh jajarannya untuk membuat edaran berisi imbauan.

“Isinya seperti imbauan untuk menitipkan rumah yang kosong kepada petugas keamanan. Lalu matikan listrik dan kompor sebelum pergi,” terangnya.(WS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *