Tips Buat si Kecil Nafsu Makan

BERITALIVE – Memiliki anak yang susah makan memang menjadi pekerja rumah bagi orang tua. Pasalnya, membujuk anak untuk semangat makan tidaklah mudah. Para orang tua pun harus sabar dalam menangani kasus anak yang seperti ini.

Psikolog Anak Anna Surti Ariani S Psi M Si mengatakan feeding style atau cara pemberian makan yang tepat dapat memberi begitu banyak manfaat buat anak. Hal ini agar si anak bisa mendapatkan gizi yang tercukupi.

“Manfaat yang didapat di antaranya adalah mengurangi resiko obesitas, menstimulasi kemampuan berkonsentrasi, meningkatkan ketekunan, bahkan sarana belajar berbagai keterampilan sosial,” kata Anna.

Anna pun berbagi tips agar buah hati menjadi nafsu makan. Berikut ini tipsnya;

1. Ceritakan dongeng tentang makanan
Dongeng yang dikisahkan langsung dari mulut orang tua merupakan hiburan yang tepat dan sangat membantu tumbuh kembang anak pada masa mendatang.

Dongeng menjadi pilihan karena dapat mendidik dan pada saat yang bersamaan menghibur sekaligus sebagai alat bermain Keceriaan dan imajinasi yang hadir dari dongeng membuat pengaruh membacakan dongeng menjadi luas.
Selain itu, anak juga menjadi lebih cepat belajar dan cerdas dalam tumbuh kembangnya, dongeng ikut menjadi media kedekatan emosional antara orang tua dan anak.

Di balik cerita dongeng, orang tua juga bisa menyisipkan pesan moral nilai-nilai kebaikan untuk anak, termasuk memperkenalkan betapa baiknya sayuran dan buah sebagai asupan makanan. Sejak kecil anak sudah harus diperkenalkan dengan keduanya agar mengingatnya hingga dewasa.

Para ibu juga bisa mengarang bebas tentang beberapa karakter sayuran biar lebih menarik didengarkan oleh anak.

2. Buat si kecil lapar
Saat anak merasa perutnya kosong, orang tua akan lebih mudah untuk memberinya asupan. Nah, untuk membuat si kecil lapar memang tidak mudah. Para orang tua harus membuat anak memiliki kegiatan fisik agar lebih banyak bergerak atau para ibu bisa memberikan jadwal makan anak.

3. Ajak si kecil memasak
Mengajak anak memasak ini akan memberi pelajaran, antara lain membuat anak lebih mencintai makanan sayuran dan buah serta lebih mengenalkan anak beberapa macam makanan yang bergizi agar si kecil lebih tertarik untuk makan

4. Berikan alat makan lucu untuk si kecil
Menggunakan alat makan yang lucu membuat anak dapat lebih meningkatkan nafsu makan. Alasannya ada beberapa gambar yang diberikannya yang disukai.

5. Tata makanan secara unik
Para ibu harus lebih mengeksplore kreativitas dalam membuat masakan untuk si kecil. Misalnya para ibu membuat makanan yang ditata dengan unik. Artinya tidak seperti itu-itu saja, seperti dibentuk bento atau membuat beberapa makanan yang dibentuk dengan gambar lucu.(WS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *