Tips Dalam Mencegah Kekurangan Gizi Kronis Terhadap Anak

BERITA LIVE – Penyakit stunting merupakan penyakit kronis kekurangan gizi pada anak. Yang berdampak anak miliki postur tubuh yang pendek. Nah bagi anda yang berencana ingin memiliki bayi kembar namun takut jika anaknya terjangkit penyakit stunting ikuti tips berikut ini.

Cara hamil bayi kembar tanpa takut anak terlahir pendek. Anda bisa mencegahnya dengan kehadiran inovasi pangan lokal untuk pencegahan Stunting.Hal itu disampaikan Deputi Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Tri Nuke Pudjiastuti.

“Sebenarnya kami belum melakukan penelitian khusus soal stunting. Kami baru penelitian tentang inovasi pangan lokal. Ternyata inovasi pangan secara tidak langsung mencegah stunting,” jelas Nuke di sela-sela acara Widyakarya Nasional Pangan dan Gizi (WNPG) XI di Hotel Bidakara, Jakarta.

Sagu, kata Nuke, yang termasuk pangan lokal orang Papua bisa dikreasikan dalam bentuk makanan yang lebih menarik. Ada juga trik untuk menggalakkan orang Papua mencintai makan sagu.

Fortifikasi Makanan

Penambahan zat gizi mikro nutrien pada pangan atau yang dikenal dengan sebutan fortifikasi pangan juga solusi efektif mencegah stunting. Contoh fortifikasi yakni penambahan vitamin A pada minyak goreng.

“Fortifikasi pangan membuat makanan jadi lebih sehat dan bergizi,” Nuke menambahkan.

Fortifikasi pangan pun tergantung pangan lokal yang ada di daerah masing-masing. Yang paling utama, kandungan gizi pada pangan akan bermanfaat diserap tubuh. Ketika gizi terpenuhi, anak pun tidak stunting (pendek).

Sebaiknya jika anda tidak ingin anak anda terlahir dengan penyakit stunting cegahlah sejak dari kandungan. Dengan cara memperhatikan keseimbangan gizi yang dikonsumsi ibu. Jangan sampai sang ibu kekurangan nutrisi yang mengakibatkan stunting pada anaknya. [KS]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *