Tips Dasar Memasak Nasi Goreng Ala Indonesia

BERITALIVE – Walaupun Anda bisa menemukan berbagai jenis nasi goreng di Asia, tapi nasi goreng yang dibuat dengan gaya Indonesia adalah salah satu masakan Indonesia yang jadi favorit banyak orang. Orang asing yang tinggal di Indonesia pun sering menyebut nasi goreng sebagai masakan Indonesia kesukaan mereka. Masakan ini pun bisa disiapkan dengan mudah.

Untuk membuat nasi goreng yang lezat, Anda hanya memerlukan beberapa trik sederhana. Khususnya bagi pemula ataupun ibu rumah tangga yang baru.

Nasi goreng menjadi sajian yang mudah untuk dibuat saat untuk hidangan makanan di pagi hari maupun siang hari. Berdasarkan keterangan resmi yang diterima Sindonews berikut, cara membuat nasi goreng di akhir pekan.

Pertama-tama Memilih nasi yang tepat merupakan kunci nasi goreng yang lezat. Karena itu, nasi yang tepat untuk membuat nasi goreng adalah nasi yang sudah disimpan selama 1 hari.

Kalau Anda membuat nasi goreng dengan nasi yang baru jadi, nasi goreng cenderung akan menjadi basah dan lembek, sehingga akan terasa kurang nikmat.

Mencampur bahan tambahan. Nasi goreng biasanya menggunakan berbagai bahan masakan tambahan yang berbeda, misalnya sayuran, telur, daging, dan lain-lain. Masaklah terlebih dahulu semua bahan tambahan secara terpisah, baru campurkan dengan nasi dan bumbu untuk mendapatkan hasil nasi goreng yang matang sempurna. Tapi kalau waktu Anda terbatas, Anda juga bisa memasak semua bahan secara bersamaan, asalkan Anda memasukkan bahan secara berurutan sesuai lama waktu memasaknya.

Jadi, masukkan terlebih dahulu bahan seperti daging yang memerlukan waktu lebih lama untuk matang, setelah itu baru sayuran yang lebih cepat matang, kemudian nasi yang sudah matang sebagai bahan terakhir yang ditambahkan.

Cara memasak dengan benar. Setelah nasi dicampur dengan bahan masakan lainnya, naikkan suhu api menjadi tinggi. Panas tinggi saat memasak nasi goreng membantu mencampur rasa semua bahan masakan dan bumbu lebih sempurna, sekaligus menghilangkan kelembaban dari nasi dan bumbu cair seperti kecap. Jangan lupa untuk terus mengaduk nasi agar tidak gosong dan lengket ke penggorengan.

Tiga dasar memasak nasi goreng di atas akan membantu Anda menyiapkan nasi goreng yang nikmat untuk keluarga Anda. Penggunaan bahan dan bumbu nasi goreng di tiap keluarga pasti berbeda-beda. Ada yang hanya menggunakan bawang putih, tapi ada juga yang menambahkan bawang merah. Ada yang menambahkan kecap asin, kecap ikan, ataupun jenis kecap lainnya, tapi ada juga yang lebih menyukai nasi goreng yang ‘polos’. Untuk nasi goreng kesukaan keluarga, Anda bebas mengkreasikan nasi goreng Anda dengan bahan masakan dan bumbu yang Anda sukai.(WS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *