Tips Hindari Penyalahgunaan Narkoba

BERITALIVE – Banyak faktor seseorang terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba, mulai dari coba-coba hingga salah memilih teman.

“Pengaruh terbesar orang mencoba memakai (narkoba) sampai jadi pecandu adalah dari lingkungan atau pertemanan. Untuk itu selektiflah dalam berteman,” kata Pengamat Sosial Budaya dari Universitas Indonesia (UI) Devie Rachmawati saat dihubungi Sindonews, Selasa 28 Oktober 2014 malam.

Lingkungan menjadi faktor besar dalam mempengaruhi pola seseorang lantaran sebagain besar waktunya dihabiskan untuk lingkungan dan pertemanan. Kemudian, kata dia, seperti dipekerjaan, kita lebih banyak waktu bersama teman.

Jika teman kita baik kita juga akan baik, kata Devie, setelah selektif dalam berteman untuk menghindari narkotika, berikanlah perhatian kepada orang terdekat.

“Karena ketika ada masalah, kita bisa minta solusi kepada mereka, baik itu orang tua maupun suami atau istri kita sehingga tidak menjadikan narkotika sebagai pelarian,” ujarnya.

Terakhir, jangan mudah percaya dengan iming-iming bandar maupun pengedar yang menjanjikan akan memberikan rasa nyaman usai mengonsumsi narkotika.

“Jika persoalan yang kita hadapi terlalu berat konsultasikanlah dan minta solusi. Sekali lagi, bukan mengonsumsi narkotika,” pungkasnya.

Penyalahgunaan narkotika marak dikalangan artis karena kehidupan selebritis dituntut untuk selalu tampil sempurna. Seperti Tessy Srimulat artis yang belum lama ini tertangkap tangan menggunakan narkoba di Bekasi. (WS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *