Tips Memilih Gorengan Sehat untuk Berbuka Puasa

BERITALIVE – Gorengan menjadi makanan favorit saat berbuka puasa. Agar gorengan yang disantap tetap terjamin kesehatannya, maka yang utama adalah memilih jenis gorengan.

Lantas bagaimana cara memilih jenis gorengan yang sehat? Chef Muto memberikan tips untuk mendapatkan gorengan yang sehat, yakni terlihat dari beberapa penyajiannya.

Jika gorengan dibuat sendiri, usahakan untuk menggunakan minyak yang mengandung rendah kolesterol.

“Gunakan minyak yang baik. Artinya minyak yang tidak gampang beku, minyak yang banyak mengandung asam tidak jenuh,” kata Chef Muto.

Perhatikan juga beberapa jenis bahan makanan untuk membuat gorengan. Pilihlah bahan yang tidak gampang menyerap minyak agar baik untuk kesehatan.

“Usahakan juga memotong tipis bahan olahan apabila mau digoreng.Kemudian goreng sampai kering dan tidak setengah matang,” bebernya.

“Tiriskan minyak sampai benar-benar kering. Kemudian simpan gorengan pada tempat yang sudah diberi alas bahan yang bisa menyerap minyak,” tambah Muto.

Jika beli gorengan, Muto memberi tips agar lebih teliti memilih makanannya, khususnya minyak yang dipakai penjual dalam membuat gorengan.

“Pilihlah gorengan yang tertutup. Artinya penjual menata gorenganya ditutup, tidak gampang terkena debu. Bisa juga melihat langsung proses menggorengnya, bisa lihat minyak sudah kotor atau baru dipakai,” bebernya.

Langkah selanjutnya, pilihlah gorengan yang matang dan tipis “Ini karena gorengan yang tipis sangat baik untuk dikonsumsi,” ujar dia. (WS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *