Tips Memilih Kosmetik yang Aman

BERITALIVE – Maraknya kosmetik ilegal di pasaran membuat para wanita merasa khawatir. Pasalnya, sejumlah produk kosmetik tersebut mengandung bahan berbahaya, seperti
merkuri, hidrokinon dan asam retinoat.

Seperti diketahui, bahan berbahaya ini berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan. Mulai dari iritasi hingga kanker. Agar terhindar dari kosmetik palsu, Ketua Badan POM, Roy Sparringa menyarankan, untuk melakukan pengecekan sebelum berbelanja.

Salah satu caranya dengan memeriksa daftar izin predaran produk tersebut, melalui website resmi BPOM, yaitu pom.go.id. “Cara mudahnya, cek di produk tersebut apa ada nomor izin BPOM. Pastikan produk tersebut berizin edar dan bisa dilihat semua daftar produk yang memiliki izin di web kami,” papar Roy saat ditemui di Jakarta.

Selain itu, belilah di tempat resmi seperti supermarket atau apotik terpercaya. Menurut Roy, membeli ditempat resmi bisa meminimalisir penyebaran kosmetik ilegal.

“Kami harus sampaikan untuk berhati-hati membeli produk secara online. Belilah disarana distribusi yang resmi. Kebanyakan produk tersebut diedarkan di sarana yang tidak resmi. Kalau harga miring dari biasanya, itu patut di waspadai. Cek juga kemasan dalam keadaan baik dan tanggal kadarluarsanya,” tandasnya.

Sebelumnya, BPOM kembali mengamankan ribuan kosmetik ilegal sebanyak 977 jenis atau 595.218 kemasan kosmetik. Ribuan kosmetik tersebut ditemukan melalui operasi terpadu yang digelar di tujuh kota yaitu, Jakarta, Bandung, Medan, Semarang, Surabaya, Makassar dan Serang. (WS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *