Tips Mendapatkan Tidur yang Berkualitas dan Nyenyak Tiap Malam

 

BERITALIVE – Tak sedikit orang yang susah untuk segera tidur di malam hari. Mereka sering kali merasa kesulitan untuk memejamkan mata dan mengistirahatkan tubuh yang penat selepas aktivitas padat sepanjang hari.

Ada beberapa faktor yang membuat seseorang bisa segera tidur dan mendapatkan tidur yang berkualitas. Bahkan sejumlah kajian membuktikan bahwa tidur nyenyak bisa menyelesaikan masalah tidur jangka panjang. Apa saja faktor yang membantu seseorang untuk tidur nyenyak? Dikutip dari Times of India, berikut beberapa di antaranya:

1. Pajang baju tidur Anda
Anda bisa membantu tubuh Anda mengenali waktu tidur sudah tiba dengan menyusun rutinitas dan mengulangi melakukannya tiap malam, seperti memajang baju tidur Anda. Kalau Anda melakukan rutinitas ini tiap malam, ini bisa membantu otak Anda berubah ke mode tidur lebih cepat.

2. Set lampu
Begitu mulai gelap di luar sana, tubuh Anda mengeluarkan senyawa melanonin, yang berpuncak pada pukul 02.00—03.00 tiap hari. Senyawa ini otomatis membuat Anda merasa ngantuk. Cahaya apa pun (dari gawai, telepon, tablet) yang menganggu pengeluaran melatonin, bisa menyebabkan penundaan tidur dan kualitas tidur yang buruk. Cahaya di kamar harus diredupkan dan penggunaan gawai juga harus dihindari selama setidaknya satu jam sebelum waktu tidur.

3. Hindari perangsang
Makan makanan berat atau snack pedas dekat dengan waktu tidur bisa membuat sistem pencernaan Anda bekerja melebihi jamnya. Juga, bahan apa pun yang kaya kafein atau nikotin bertindak sebagai perangsang dan mengganggu kemampuan Anda untuk tertidur. Bahan-bahan ini juga membuat Anda tidak bisa mengalami tidur yang nyenyak yang Anda butuhkan untuk penyegaran.

4. Matikan suara apa pun
Suara yang kencang bisa menyebabkan gairah (periode terjaga dalam tidur) yang menyebabkan kualitas tidur yang buruk. Ini juga menyebabkan kelelahan sepanjang hari. Jadi, apa pun yang Anda tonton atau dengar sebelum tidur juga penting. Suara teriakan atau simfoni, candaan ringan bersama anak atau ngobrol singkat dengan pasangan Anda bisa menenangkan Anda.

5. Tidur singkat atau tidak
Tidur saat perjalanan atau ketika sedang bekerja adalah kebiasaan banyak orang. Tapi, kajian memperlihatkan tidur itu menjadi yang terbaik jika dilakukan di satu waktu dalam periode lama dan tidur singkat yang sering dilakukan saat siang hari bisa mengganggui tidur di malam hari.

6. Kebiasaan di pagi hari
Sarapan, kaya vitamin B6, dan paparan sinar mentari pagi (selama kurang lebih 10 menit) dikenal memperbaiki kualitas tidur.(WS)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *