Tips Mengatasi Makanan yang Terlalu Pedas

BERITALIVE – Kesalahan dalam memasak seperti memasukkan bumbu yang salah atau terlalu banyak menambahkan bumbu tertentu di dalam masakan kerap terjadi dan bisa terjadi kapan saja. Hal ini tentu berpengaruh besar terhadap rasa masakan itu sendiri.

Misalnya, jika terlalu banyak membubuhkan bubuk cabai dalam masakan tentu akan membuat lidah anggota keluarga atau tamu yang menyantap hidangan tersebut menjadi panas dan ‘terbakar’. Dilansir Fox News, berikut beberapa tips mudah untuk mengatasi masakan yang terlalu pedas.

1. Susu
Capsaicin dalam cabai adalah yang memberikan sensasi pedas di dalam mulut terutama ketika cabai telah dimasak lama dan dicampur ke dalam masakan tersebut. Salah satu cara terbaik untuk melawan senyawa kimia ini adalah dengan menambahkan produk susu, seperti susu full cream, krim kental, yoghurt, dan keju. Bahkan santan juga dapat mengurangi rasa pedas dari cabai tersebut.

2. Gula
Selain susu, Anda dapat menggunakan gula untuk membantu menetralisasi rasa pedas dan panas dari cabai. Cobalah untuk menambahkan sedikit gula pasir atau madu untuk mengimbangi rasa masakan yang mungkin terlalu pedas.

3. Bahan-bahan lainnya
Cara lain untuk mengurangi rasa pedas dalam masakan adalah dengan menambahkan bahan-bahan lainnya, seperti air kaldu, potongan daging atau sayuran, tergantung pada masakan apa yang Anda buat. Anda juga dapat berimprovisasi dengan menambahkan wortel parut atau potongan kentang yang berguna untuk menyerap beberapa bumbu-bumbu.

4. Sajikan dengan karbohidrat
Untuk mengurangi tingkat kepedasan dari makanan, Anda juga dapat menggunakan cara yang lebih mudah yakni dengan menyajikannya bersama beberapa jenis karbohidrat, seperti pasta, nasi, roti, atau couscous. Sejumlah bahan makanan utama sangat tepat untuk disajikan dengan hidangan pedas. (WS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *