Tips Menghemat Uang Saat Mencari Kerja

BERITALIVE- Sadar atau tidak, mencari pekerjaan adalah sebuah investasi. Sebagai seorang pelamar, Anda perlu menyediakan waktu, uang, dan usaha dengan harapan menemukan pekerjaan yang Anda inginkan.

Namun, dalam kondisi keuangan terbatas Anda harus pintar menghemat pengeluaran. Jika tidak, Anda akan terbelit masalah keuangan yang lebih berat.

Kunci dalam memaksimalkan keuangan adalah membuat keputusan cermat selama proses mencari pekerjaan. Adapun membuat keputusan cermat tidak selalu berarti memotong anggaran dan mengurangi pengeluaran. Ini semua adalah tentang memastikan sebagian uang yang Anda keluarkan.

Cari Pekerjaan Secara Online

Dalam era digital seperi saat ini, Anda akan berpikir bahwa semua orang menggunakan komputer dan telepon genggam untuk mencari pekerjaan. Sayang, bukan itu masalahnya. Ketika mencari pekerjaan secara online terus berkembang, masih saja ada segelintir orang yang memilih kerepotan keluar masuk kantor untuk mencari lowongan pekerjaan.

Padahal, ada sebuah jalan yang jauh lebih mudah untuk melakukannya dan hal itu adalah dengan mencari pekerjaan secara online. Menggunakan portal mencari pekerjaan seperti JobStreet.com akan membantu Anda dalam mencari pekerjaan secara lebih efisien dan efektif dikarenakan dua alasan penting.

Pertama, mencari pekerjaan secara online menghemat biaya tertentu (misal: biaya transportasi dan makan) dan Anda akan lebih baik mengalokasikan dana tersebut untuk sesuatu yang lain seperti menghadiri wawancara kerja.

Hal ini sangat bermanfaat jika Anda akan mencari pekerjaan jarak jauh. Seperti Anda diharuskan bepergian ke kota atau negara lain untuk mencari pekerjaan.

Alasan kedua mengapa mencari pekerjaan secara online lebih efisien dan efektif adalah karena hal inilah yang membuat Anda tetap kompetitif dalam pasar saat ini. Terdapat lebih banyak kesempatan kerja dengan cara online daripada sebelumnya. Gunakan hal ini sebagai keuntungan Anda dengan mencari kerja secara online.

Lakukan Penelitian dan Perencanaan

Sekitar 99% artikel yang Anda baca dalam mencari pekerjaan akan mengemukakan satu atau dua kalimat tentang perencanaan dan penelitian. Namun, banyak pelamar yang gagal melakukannya. Jika Anda tidak ingin mengacaukan tabungan Anda selama mencari pekerjaan, maka cermatilah beberapa cara tertentu untuk memaksimalkan dana Anda dan merencanakan pencarian kerja Anda setelahnya.

Sebuah contoh dari penelitian penting yang akan menghemat uang Anda adalah mengetahui lokasi kantor dan mengetahui rute terbaik untuk sampai ke tempat tersebut tanpa harus memanggil taksi. Hal ini akan lebih berguna jika Anda bepergian ke bagian pinggiran kota (atau kota lainnya) yang Anda tidak begitu familiar dengan tempat tersebut. Daripada menghabiskan uang untuk naik taksi yang mahal, Anda bisa meneliti rute yang paling mudah dan nyaman via kereta atau bis.

Selain itu, Anda dapat melakukan hal-hal seperti menjadwalkan beberapa wawancara dalam hari yang sama. Jika Anda melamar ke banyak perusahaan dan perusahaan tersebut akan memanggil Anda untuk wawancara pada minggu yang sama, maka jadwalkan wawancara tersebut pada hari yang sama. Hal ini sangat bermanfaat terutama saat lokasi wawancara saling berdekatan.

Melakukan penelitian dan merencanakan pencarian kerja Anda seperti di atas tidak hanya akan menghemat uang. Lebih dari apapun, penelitian dan perencanaan akan secara signifikan meningkatkan kesempatan Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan. Hal tersebut tidak hanya akan menghemat beberapa pos pengeluaran Anda dalam mencari pekerjaan, tetapi juga menghemat waktu dan usaha.

Mengatur Waktu dengan Bijak

Waktu bisa menjadi baik, teman baik atau musuh terbesar bagi seseorang yang sedang mencari kerja. Jika Anda tahu cara mengalokasikan waktu dengan tepat, Anda dapat mengurangi pengeluaran dan mendapatkan lebih banyak lagi selama proses. Jadilah, pencari kerja yang tekun. Ingat, semakin lama Anda menganggur, semakin banyak pengeluaran Anda.

Memperluas pencarian kerja Anda selama beberapa bulan dibandingkan dengan beberapa hari atau minggu dapat berpengaruh terhadap tabungan Anda – tentu saja jika Anda punya tabungan.

Jangan menjadi seorang pelamar pekerjaan yang pasif. Jangan mencari pekerjaan jika Anda hanya merasa ingin saja atau saat Anda mempunyai waktu senggang saja. Mencari pekerjaan merupakan pekerjaan penuh ketika Anda masih menganggur.

Hal ini tidak berarti bahwa Anda harus mengirimkan ratusan lamaran pekerjaan tiap harinya. Memaksimalkan waktu Anda ketika berburu pekerjaan berarti bahwa Anda menggunakan waktu yang Anda miliki untuk memastikan kualitas yang terdapat dalam surat lamaran Anda tersampaikan pada para pemimpin perusahaan. Ingat, saat Anda menggunakan waktu Anda dengan bijak, pada akhirnya Anda akan menghabiskan lebih sedikit pengeluaran.

Izinkan Orang Membantu

Kapan terakhir rekan Anda merekomendasikan sebuah pekerjaan untuk Anda? Pernahkan Anda meminta sanak saudara atau rekan kerja Anda membaca resume Anda? Apakah teman Anda pernah memberikan saran walaupun tanpa diminta?

Meminta bantuan selama proses Anda mencari pekerjaan bukanlah hal yang aneh. Bekerja dengan anggaran yang terbatas saat mencari pekerjaan akan memberikan Anda lebih banyak alasan untuk benar-benar mencari bantuan ketika Anda membutuhkannya.

Masalahnya adalah, bantuan yang berharga tidak selalu dalam bentuk isyarat yang besar. Bantuan seringkali berupa hal-hal kecil dan remeh yang akan menghemat ribuan rupiah dan yang paling utama berkontribusi akan kesuksesan Anda dalam mencari pekerjaan.

Jika Anda membutuhkan tumpangan untuk lokasi wawancara tertentu, mungkin Anda bisa meminta seseorang untuk memberikan tumpangan. Jika Anda membutuhkan grafis dalam resume Anda, mungkin Anda mengenal seorang desainer grafis yang bisa melakukannya untuk Anda. Butuh baju setelan untuk wawancara? Besar kemungkinannya Anda tahu seseorang yang bisa meminjamkannya untuk Anda.

Daripada Anda harus mengeluarkan uang untuk membayar sesuatu, Anda bisa meminta seseorang membantu Anda sementara waktu. Bersikaplah sopan dan pengertian saat Anda memintanya.

Setelah Anda mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, ingat selalu untuk membalas budi. Selalu ada pelamar di luar sana yang membutuhkan bantuan Anda. (WS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *