Tips Menghilangkan Aroma Yang Tidak Sedap Di Sepatu

BERITALIVE – Sepatu yang seringkali dapat menimbulkan bau yang tidak sedap terutama sepatu yang telah lama tidak dicuci dan sepatu olahraga. Penyebab bau yang tidak sedap ini yang biasanya dapat ditimbulkan oleh keringat yang dikeluarkan kaki kita, meskipun telah di cuci bau ini yang kadang tidak hilang sepenuhnya. Bau sepatu ini yang disebabkan adanya bakteri pada kulit yang memakan keringat dan membuang kotoran yang mempunyai bau yang kuat (proses metabolisme mikroba itu).

Bakteri ini yang biasanya dapat berada pada kaos kaki dan sepatu kita. Semakin banyak keringat yang dihasilkan oleh kaki, jadi bakteri yang akan semakin berkembang dikarenakan keringat dapat menjadi penyuplai makanannya. Keringat dan bakteri inilah yang kemudian menjadi sumber utama bau tidak sedap pada sepatu.

Untuk kamu yang mempunyai sepatu dengan bau yang tidak sedap meskipun telah di cuci, ada beberapa tips sederhana yang dapat kamu coba untuk menghilangkan bau pada sepatu anda.

1. Menghilangkan bau yang tidak sedap di sepatu dengan kopi

Selain buat dapat diminum kopi sangat lah bermanfaat sebagai penetral bau dan juga dapat di jadikan alternatif pilihan untuk menghilangkan bau pada sepatu. Pertama, pastikan bahwa sepatu anda dalam keadaan bersih dan kering sebelum anda yang memasukkan kopi di dalamnya supaya nantinya anda yang juga tidak kerepotan membersihkan bubuk kopi, maka bungkuslah bubuk kopi ke dalam kertas tisu, kemudian kertas tisu yang telah berisi kopi inilah yang juga dapat anda masukkan ke dalam sepatu. Diamkan semalaman agar bubuk kopi dapat secara maksimal menetralisir bau yang tidak sedap pada sepatu kamu.

2.  Menghilangkan bau sepatu dengan koran

Kalau anda yang memiliki koran bekas di rumah sebaiknya anda yang mengurungkan niat buat segera membuangnya. Koran-koran bekas ini yang juga dapat menjadi media yang bisa menyerap bau yang tidak sedap pada sepatu kamu. Caranya, siapkan sepatu dalam keadaan kering. Ambil koran bekas secukupnya (1 atau 2 lembar koran, kira-kira cukup untuk membungkus sepatu). Lalu bungkus sepatu sampai ke mulut/lubang sepatu dengan rapat dan rapi. Terakhir, simpan sepatu yang telah dibungkus tersebut ditempat yang agak dingin selama semalam atau lebih hingga bau pada sepatu tentunya yang telah diserap oleh koran pembungkusnya. (st)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *