Tips Menghilangkan Noda Pada Cermin Anda

BERITA LIVE – Kesalahan pemasangan cermin di dinding dapat membuat material ini dinodai bercak.

Lantas, apa yang harus dilakukan agar cermin tidak cepat timbul noda? Teknik ilusi ruang saat ini memang sedang tren, biasanya dilakukan dengan pemasangan kaca di dinding agar ruang terlihat luas.

“Biasanya orang yang menggunakan cermin di dinding itu yang tinggalnya di rumah mungil dan apartemen, walau tidak menutup kemungkinan orang yang tinggal di rumah luas pun menggunakan teknik ini,” ucap Rendi Raharjo, arsitek dari RenArch Studio.

Namun, upaya untuk mempercantik ruang melalui cermin bisa gagal ketika cermin mulai timbul noda atau bercak. Bercak yang terlihat di cermin dalam jumlah banyak dapat merusak penampilan interior.

Selain itu, efek pantulan cermin dapat hilang karena bercak merusak lapisan kacanya. Lantas, apa saja yang harus dilakukan agar cermin di dinding tidak mudah bebercak? Menurut Rendi, pilihlah cermin yang berkualitas, salah satunya cermin yang memiliki lapisan di bagian belakangnya.

Cermin berkualitas memiliki lapisan belakang yang tidak mudah terkikis. Untuk mengecek apakah lapisan itu baik atau tidak, kita bisa mengeceknya dengan kuku tangan. Jika terkelupas, berarti cermin tersebut di bawah standar baik.

Ada baiknya Anda memilih cermin model tempered karena letaknya di dinding dan di bidang yang permukaannya luas sehingga ada kemungkinan pecah. Jika pecah, pecahannya akan terlihat seperti kristal dan risiko mencederai lebih kecil dibandingkan cermin non tempered .

“Ketebalan cermin yang dipakai untuk dinding sebaiknya 5 mm untuk luas kaca standar 1,2 x 2,4 meter. Ketebalan ini berlaku untuk sistem pemasangan yang menggunakan panel atau rangka.

Kita juga bisa memilih tebal cermin di bawah 3 mm, asalkan dinding cerminnya didesain puzzle dengan frame maksimal 0,6 x 0,8 meter,” ujar Rendi. Pemasangan cermin dinding kerap dilakukan tanpa bingkai supaya efek menyatu dengan ruangan lebih terasa.

Tetapi, ada beberapa desainer menambahkan bingkai untuk menambah elemen estetika. Pada prinsipnya, mau dibingkai atau tidak, terpenting kacanya harus berkualitas. [DP]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *