Tips Mengolah Petai Agar Tidak Bau, Mudah dan Praktis!

BERITA LIVE – Petai merupakan salah satu jenis bahan makanan yang cukup populer di Indonesia. Bahan makanan ini pun juga dikenal sebagai tumbuhan yang memiliki aroma tak sedap. Oleh sebab itu, kamu perlu cara yang tepat agar nantinya petai tak beraroma bau yang kuat. Untuk kamu yang penasaran apa saja tips menghilangkan aroma tak sedap pada petai, berikut ini ialah beberapa daftarnya.

Merebus hingga layu

Lenyapkan Bau Pete yang Menyengat, Tipsnya Simpel - Lifestyle Fimela.com

Teknik pengolahan selanjutnya adalah dengan merebus petai hingga layu. Cara ini dilakukan dengan memasukan petai bersama dengan kulitnya. Nantinya proses perebusan akan membantu menghilangkan aroma tak sedap pada petai dan memberikan tekstur yang lembut. AyukTraveling

Mengukus petai

5 Cara Mengolah Petai Agar Tidak Bau, Begini Langkah yang Perlu Dipahami |  merdeka.com

Kamu mungkin akan sedikit asing ketika mendengar petai dapat dikukus untuk mengurangi aroma tak sedapnya. Cara ini dinilai cukup efektif karena akan membantu menghilangkan aroma tak sedap, sekaligus melembutkan teksturnya. Kamu juga tak perlu terlalu lama mengukus petai, cukup lakukan langkah tersebut selama beberapa menit.

Rendam dengan air garam

5 Tips Memilih dan Mengolah Petai Sebelum Dikonsumsi, Makin Sedap!

Selain menghilangkan aroma tak sedap dengan cara mengolahnya, kamu juga dapat merendam dengan menggunakan air garam. Rendaman tersebut bisa berlangsung sekitar 20-30 menit saja. Pastikan petai telah dipisahkan dari kulitnya. Selanjutnya, aroma tak sedap pada petai pun dapat pergi jauh, deh.

Menggoreng petai

Tips Memasak Petai Agar Tidak Bau, Wajib Dicoba di Rumah! - Lifestyle  Fimela.com

Cara yang satu ini juga dapat disebut sebagai penumisan. Petai yang digunakan akan dilepaskan dari kulitnya, baru lah digoreng atau ditumis bersama dengan aneka bahan lain hingga layu. Nantinya rempah yang digunakan akan meresap dan membantu mengurangi aroma tak sedap.

Bakarlah petai

5 Tips Mengolah Petai Agar Gak Bau, Mudah dan Praktis!

Kamu mungkin pernah mendengar salah satu menu petai yang bernama petai bakar. Memang cara pengolahannya adalah di bakar, sesuai dengan namanya. Kamu dapat langsung membakar bersama dengan kulitnya langsung. Selain menghilangkan aroma tak sedapnya, petai bakar juga semakin memiliki cita rasa yang lezat dan maksimal.

 

Nah, maka itulah beberapa tips yang bisa kamu pergunakan ketika kamu memasak pete. Tidak akan bau lagi deh!

 

-Gr-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *