Tips Mengurangi Rasa Khawatir yang Berlebihan

BERITA LIVE-

Rasa cemas dan khawatir yang tidak bisa dikontrol akan mengakibatkan fatal untukmu. Bukan bisa menyelesaikan masalah, malah yang ada pikiranmu bakalan sumpek dan akhirnya salah dalam mengambil keputusan. Oleh sebab itu kamu perlu belajar menguasai diri sendiri agar rasa khawatir datang, kamu bisa mengetahui bagaimana cara mengatasinya.

Berikut ialah beberapa cara efektif yang bisa kamu terapkan untuk mengurangi rasa khawatir. Agar kamu lebih tenang saat menghadapi masalah, bisa dicoba cara berikut ini.

1. Pisahkan mana yang masalah sebenarnya, mana yang ketakutanmu saja

Ketika kamu gak mampu memisahkan masalah sebenarnya dengan apa yang ada di pikiranmu saja, kamu sendiri yang bakalan makin panik. Pisahkan dulu antara keduanya dan cobalah mencari tahu cara terbaik apa yang bisa kamu lakukan saat itu untuk menyelesaikannya. Mengikuti ketakutanmu akan membuat kondisimu makin kacau.

2. Jangan mengambil keputusan, apalagi bicara dengan orang yang salah

Ketika kamu tidak berhasil menguasai diri, jangan dulu mengambil keputusan. Keputusan apa pun haruslah diambil ketika kamu sudah tahu konsekuensinya. Kalau masih panik dan bingung, lebih baik diam dulu. Tenanglah dan tarik nafas panjang. Katakan pada dirimu sendiri bahwa kamu bisa melaluinya.

3. Ingatkan dirimu untuk terus berpikir logis. Jangan menggunakan perasaanmu di dalamnya

Sugestikan selalu dirimu sesuatu yang baik, logis, dan masuk akal. Kalau kekhawatiran sudah membuatmu berpikir yang aneh-aneh, segera alihkan pikiranmu pada kemungkinan-kemungkinan baik. Kadang, permasalahan berat hanya ada dalam pikiranmu yang sedang kaget, bukan sebenarnya seperti itu.

4. Belajar mengenali dirimu sendiri. Ubah jalan pikiranmu yang sudah mulai ke arah negatif

Cari tahu seperti apa dirimu sendiri. Bagaimana reaksimu kalau sedang bingung? Apa yang butuh kamu lakukan supaya merasa lebih baik? Kalau cukup kenal dengan dirimu sendiri, kamu pasti tahu hal-hal apa yang harusnya dilakukan dan tidak selama mengalami kekhawatiran.

5. Kamu harus tahu bahwa kekhawatiranmu gak akan membuat masalahmu selesai

Dengan mengetahui bahwa kalut dan khawatir gak akan membuat masalahmu selesai, setidaknya kamu akan belajar untuk tenang. Hal terpenting saat masalah terjadi bukanlah masalah itu sendiri, melainkan bagaimana reaksimu terhadapnya. Bilang pada dirimu sendiri untuk tenang dan kamu bisa melakukannya.

(Sl)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *