Tips Menjaga Ketahanan Daun Bawang Dalam Jangka Waktu yang Lama

BERITA LIVE-

Menggunakan daun bawang dalam olahan masakan memang ampuh untuk menggugah selera sebab wanginya yang begitu harum. Daun bawang dikenal untuk setiap masakan, sehingga ketersediannya pasca dibeli malah rentan berlebih.Selain itu, daun bawang cenderung rentan layu dan menguning walau telah disimpan di dalam kulkas. Akan tetapi jangan khawatir, berikut tipsnya!

1.Cuci daun bawang, tiriskan sembari ditekan perlahan, lalu usap dengan tisu kering

5 Tips Menyimpan Daun Bawang Agar Kesegarannya Bertahan Lebih Lama

Keluarkan daun bawang pasca dibeli, cuci bersih, lalu tiriskan sembari ditekan perlahan untuk mengeluarkan sisa airnya. Kemudian, usap dengan tisu kering dan usahakan daun bawang benar-benar kering sebelum disimpan.

2. Pisahkan wadah penyimpanan untuk bagian batang dan bagian daun

5 Tips Menyimpan Daun Bawang Agar Kesegarannya Bertahan Lebih Lama

Usut punya usut, tekstur air pada bagian batang dan bagian daun pada daun bawang rupanya tak persis sama. Imbasnya, bagian daun cenderung lebih cepat layu dan menguning, dan malah dapat memicu bagian batang untuk rentan membusuk pula. Nah, simpanlah bagian batang dan daun tersebut pada wadah terpisah.

3. Untuk bagian batang, lapisi dengan tisu kering, masukkan ke dalam kantong plastik, lalu ikat rapat dengan karet gelang

5 Tips Menyimpan Daun Bawang Agar Kesegarannya Bertahan Lebih Lama

Lapisi bagian batang dengan tisu kering(termasuk bagian akar), kemudian masukan ke dalam kantong plastik, lalu ikat dengan rapi dan rapat menggunakan karet gelang. Usahakan pula untuk menata batang-batang tersebut dengan apik supaya tak malah terlalu tumpang-tindih yang berserakan.

4. Untuk bagian daun, iris sesuai kebutuhan, masukkan ke dalam wadah tertutup yang bersih, kering, dan kedap udara

5 Tips Menyimpan Daun Bawang Agar Kesegarannya Bertahan Lebih Lama

Sedangkan bagian daun, irislah sesuai dengan kebutuhan atau dengan ketebalan sekitar 1 cm supaya lebih praktis saat diolah. Kemudian, masukkan irisan daun bawang tersebut ke dalam wadang tertutup yang bersih dan kering, serta kerap udara.

 

(Sl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *