Tips Merawat dan Menata Rambut Ikal

BERITALIVE – Bagi Anda yang memiliki rambut ikal, terkadang merasa senang dengan tatanan rambut tersebut karena berbeda dari kebanyakan orang. Namun, ada kalanya Anda kesulitan merawat dan menatanya.

Pemilik salon di Seattle, Gary Howse mengatakan memiliki rambut ikal harus memilih tekstur yang diinginkan dan berkomitmen untuk melakukannya.

“Jika Anda ingin lebih lurus, lakukanlah dan buat itu benar-benar berkilau dan jadikanlah fokus. Atau, pilih keriting (ikal) dan pelajari bagaimana menonjolkannya,” kata Gary seperti dilansir Stylecaster.

Jika ingin tetap ikal, gunakan mousse. Foam mousse untuk rambut akan membuat tekstur rambut lebih seksi dan mudah dibentuk sehingga Anda akan mendapatkan tatanan rambut bergelombang yang lembut dan rapi.

Selain itu, Anda juga wajib menguasai bagaimana melakukan blow-dry yang baik untuk rambut ikal. Gary menyarankan untuk membalikkan kepala Anda kearah bawah saat mengeringkan rambut. Gunakan diffuser akan lebih baik untuk membuat rambut kering dengan tekstur yang lembut alami.

Namun, jika Anda ingin tekstur rambut yang lebih lurus, Anda dapat menggunakan produk krim favorit. Rambut ikal membutuhkan kelembaban untuk ‘melawan’ rambut keriting. Menggunakan krim untuk meluruskan rambut dapat menghaluskan kutikula dan membuat rambut Anda lebih lurus dan bercahaya.

Selain itu, lakukan blow-dry dengan sisir bulat yang Anda miringkan pada ujung rambut kearah hair-dryer. Anda pun dapat menggunakan alat catok secara perlahan untuk menciptakan rambut lurus yang lembut.

Gary menjelaskan apapun tekstur rambut yang dipilih, yang perlu diperhatikan adalah jangan membiarkan rambut Anda kering dengan sendirinya. Apalagi jika Anda memutuskan untuk tetap dengan tekstur rambut ikal yang tentu akan mengacaukan penampilan.

Selain itu, rutinlah menyisir rambut dengan lembut. Namun, perlu diingat bahwa rambut ikal cenderung lebih rapuh daripada rambut lurus dan terlalu sering menyisir justru dapat menyebabkan kerusakan pada rambut.(WS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *