Tips Merawat Smartphone Agar Tidak Cepat Rusak Saat Sering Bermain Game

BERITA LIVE – Jika terlalu sering bermain game di smartphone, tentu saja akan membuat umur smartphone akan semakin memendek. Dan banyak sekali orang yang mengeluh akan hal itu dan tidak tahu bagaimana cara untuk merawatnya.

Berikut ini adalah tips untuk merawat smartphone yang sering digunakan untuk bermain game :

1. Jangan di-charge sambil bermain

Kita selalu lupa bahwa baterai smartphone sudah hampir habis ketika sedang asyik bermain game. Apalagi jika anda bermain game yang tidak bisa di-pause. Dan karena itu, pasti anda akan tetap melanjutkan bermain sambil di-charge, padahal itu bisa membuat baterai smartphone jadi bocor dan ada kemungkinan untuk overheat bahkan meledak.

2. Jaga suhu tetap dingin

Game jaman sekarang memiliki kualitas grafik yang sangat bagus sekali, sehingga membuat smartphone harus bekerja lebih keras lagi untuk menjalankan game tersebut. Dan karena itu smartphone akan lebih panas dari biasanya dan bisa menyebabkan overheat, hang bahkan mati total. Maka cobalah untuk bermain di temperatur yang dingin.

3. Gunakan charger ori

Di saat darurat pasti anda seringkali meminjampowerbank atau charger milik teman. Namun akan berdampak buruk apabila anda tidak menggunakan charger orisinal dari smartphone tersebut. Setidaknya gunakan 5x charger orisinal dalam seminggu.

4. Jangan nyalakan smartphone ketika charge di baterai yang benar-benar habis

Ini merupakan kesalahan yang paling sering dilakukan orang ketika mengisi daya baterai smartphone. Ketika sudah mencolok charger, mereka akan langsung menyalakan smartphonenya. Hal ni dapat mengurangi performa dan menyebabkan OS gagal untuk booting dan membuat smartphone kalian loading terus menerus.

5. Restart smartphone

Ram akan penuh dengan sampah tak berguna yang tidak bisa dihilangkan sepenuhnya walau sudah dibersihkan. Maka dari itu, restart smartphone setidaknya 2 hari sekali untuk meng-refresh RAM.

 

(IAW)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *