Tips Segarkan Mata Lelah Akibat Bekerja Lama di Depan Komputer

Tips Segarkan Mata Lelah Akibat Bekerja Lama di Depan Komputer

Berita Live – Mata merupakan salah satu indra penglihatan yang penting dan harus di jaga kesehatannya. Menjaga kesehatan mata dapat dilakukan dengan beberapa hal seperti mengonsumsi makanan sehat, melindungi mata dari sinar radiasi dan dapat memeriksakan mata secara rutin ke dokter mata.

Namun tidak dapat dipungkiri lagi jika bekerja dengan menatap layar komputer seharian dalam waktu yang lama juga dapat memengaruhi kesehatan mata. Mentap layar komputer dalam waktu yang lama membuat mata menjadi lelah dan bahkan muncul beberapa keluhan. Keluhan tersebut diantaranya, terdapat mata panda disekitar kelopak dan kantung mata, mata merah, bahkan mengalami pandangan yang tidakjelas.

Hal ini dapat mengganggu kesehatan mata, ada baiknya untuk menjaga kesehatan mata. Berikut ini beberapa tips untuk menyegarkan mata lelah karena aktivitas di depan kamputer.

Menutup Mata dengan Telapak Tangan

Ketika dituntut untuk bekerja di depan komputer dengan waktu yang cukup lama, membuat mata menjadi lelah. Jika merasakan keluhan mata lelah, lakukan menutup mata menggunakan telapak tangan selama beberapa menit dengan kondisi mata terpejam. Lakukan hal ini setiap 90 menit sekali, supaya mata tidak lelah.

Mengedipkan Mata

Untuk mengurangi rasa lelah pada mata, ada baiknya untuk mengedipkan mata selama 1-2 menit. Hal ini bertujuan untuk mengurangi mata menjadi kering dan memerah. Dengan berkedip mata akan tetap basah dan lembab.

Pandangan Jauh

Jika seharian bekerja menghadap komputer, sinar radiasi pada layar komputer dapat mengganggu kesehatan mata. Luangkan waktu untuk beristirahat supaya mata tidak lelah. Ketika mengambil jam makan siang, sempatkan untuk melakukan olahraga mata, yaitu dengan melakukan pandangan jauh. Tatap daerah yang luas buka mata selebar-lebarnya sambil menggerakkan anggota tubuh lainnya.

Lirik Kanan dan Kiri

Mata lelah dapat mengakibatkan pandangan menjadi tidak jelas, ada baiknya untuk melakukan olahraga mata dengan melakukan lirikan. Bersantailah sejenak, lirik sisi kanan selama 1 menit dan lirik sisi kiri selama 1 menit. Jika perlu lirik ke bawah dan ke atas dengan hitungan yang yang sama.

Putar-putar Bola Mata

Selain dengan melirik ke kenan, kiri, atas dan bawah. Memutar bola mata dengan pola angka 8 juga dapat membantu mengurangi mata lelah.

Keluhan mata lelah dapat mengganggu aktivitas dan kesehatan mata, ada baiknya lakukan olahraga mata secara rutin dan konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi vitamin A. Konsultasikan pada dokter mata jika perlu.

( lc )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *