Tips Sehat Menurunkan Gula Darah

BERITALIVE – BAGI seseorang yang menderita diabetes perlu untuk menjaga kadar gula darah agar tetap stabil. Lonjakan kadar gula darah akan menjadi masalah kesehatan yang serius bagi penderita diabetes.

Oleh karena itu, bagi penderita diabetes perlu untuk terus mengontrol kadar gula darahnya agar tetap rendah. Berikut ini beberapa cara Anda untuk memastikan kadar gula darah Anda tetap terjaga sebagaimana dikutip dari healthmeup.com.

– Jangan melupakan makan
Setiap kali Anda melewatkan waktu makan atau perut menjadi kelaparan, ini justru mendorong kadar gula darah Anda tinggi. Bila tidak makan selama beberapa jam, tubuh Anda tetap melakukan pembakaran yang bahan bakar, glukosa dilepaskan dari hati.

Jika Anda penderita diabetes, terutama tipe 2, hati Anda tidak bisa menilai apakah darah sudah cukup memiliki glukosa dan itu terus mengalir lebih banyak. Hal ini menyebabkan lonjakan parah pada kadar gula darah. Oleh karena itu disarankan agar penderita diabetes tidak melupakan makan, khususnya sarapan.

– Pilih roti dengan bijaksana
Roti putih cenderung lebih tinggi indeks glycermic; yang berarti makan roti putih dapat meningkatkan gula darah Anda. Roti putih mengandung karbohidrat kompleks yang memperlambat penyerapan glukosa dan juga dapat mengurangi kenaikan insulin mungkin.

Pilih roti sehat seperti roti gandum atau multigrain, karena jenis roti ini banyak mengandung serat dan protein yang dapat membuat Anda kenyang untuk waktu yang lama.

– Konsumsi kayu manis lebih banyak
Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi kayu manis, kadar darah mereka kadar gula mampir 18-29 persen. Ini semua tergantung seberapa banyak kayu manis yang mereka konsumsi.

Tambahkan bumbu harum ini untuk kopi Anda, teh, sereal atau bahkan yoghurt. Hal ini tidak hanya akan menurunkan kadar gula darah Anda, tetapi juga akan menambahkan beberapa rasa ekstra untuk makanan Anda.

– Cukup tidur
Banyak penelitian yang menyatakan bahwa kurang tidur dapat cara cepat untuk meningkatkan gula dan insulin darah Anda. Karenanya, perhatikan rutinitas tidur Anda dan pastikan Anda cukup tidur setidaknya 8 jam setiap malam.

– Makan kacang-kacangan lebih banyak
Kacang-kacangan adalah makanan berserat tinggi dan membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Dengan begitu berarti dibutuhkan waktu lebih lama untuk melepaskan glukosa didalamnya.

Kacang di sisi lain merupakan sumber yang baik, karena mengandung lemak tak jenuh dan tidak menyebabkan kadar gula meningkat. Sebuah penelitian sudah mengklaim bahwa makanan ini dapat membantu menstabilkan kadar gula darah. (WS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *