Tips si Kecil Mau Makan Sayur

BERITALIVE – Buah dan Sayur merupakan komponen penting bagi kesehatan, khususnya bagi pertumbuhan anak. Mengkonsumsi sayur dan buah diperlukan tubuh sebagai sumber vitamin, mineral dan serat dalam mencapai pola makan sehat dengan gizi seimbang untuk kesehatan yang optimal.

Sayangnya, masih banyak orang tua yang kurang peduli dengan masalah tersebut. Ini terbukti dari tingkat mengkonsumsi buah dan sayuran pada masyarakat Indonesia, di mana jumlahnya hanya 34,55 buah kg dan 40,35 kg sayuran per tahun.

Jumlah ini jauh dari rekomendasi Food and Agriculture Organization (FAO) bahwa setiap individu harus mengkonsumsi 73 kg buah dan 91,25 kg sayuran setiap tahun. Ironisnya, 97,7% dari anak di bawah usia 5 tahun di Indonesia tidak mengkonsumsi cukup buah-buahan dan sayuran.

Kurangnya konsumsi buah dan sayur di Indonesia bisa dihadapi dengan lebih baik jika pola pembentukan makan sehat dimulai sejak usia dini.

Psikolog Anak Anna Surti Ariani S Psi M Si mengatakan para ibu dan guru sebaiknya dilatih agar dalam memperkenalkan buah dan sayur kepada anak dengan cara yang menyenangkan, seperti lebih mendesain makanan dengan disusupi oleh sayuran yang unik.

“Jadi biar si kecil nafsu makan maka ibu sediakan buah dan sayur di rumah dan di dalam kulkas agar menghidangkan salad atau lalapan sayur yang membuat anak mau untuk mengkonsumsi sayuran,” kata Anna di Jakarta.

Agar si kecil mau makan, ada baiknya orang tua memilih jenis sayuran yang disukai anak, tentu dengan kandungan gizi yang bermanfaat, di antaranya adalah sayuran berdaun hijau. Pasalnya sayuran berdaun hijau ini bisa meningkjatkan nafsu makan anak.

“Ibu harus lebih jeli memilih sayurannya, seperti sayuran yang berdaun hijau atau kuning yang mengandung vitamin A, seperti brokoli, bayam, dan wortel,” ujarnya.(WS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *