Tips terhindar membeli daging oplosan

BERITALIVE – Hati – hati jika Anda akan membeli daging sapi, saat berbelanja di pasar tradisional. Dinas Pertanian, Perikanan, dan Peternakan kota Depok memberikan serangkaian tips.

Kepala Dinas Pertanian, Perikanan, dan Peternakan Kota Depok Zalfinus Irwan mengatakan, masyarakat diminta untuk membeli daging sapi di kios, atau loss pedagang daging langganan.

Selain itu, kata dia, lebih baik agar tidak membeli daging cincang atau digiling.

“Jangan beli daging cincang atau digiling. Jangan melakukan transaksi malam hari, karena daging biasanya dilumuri darah sapi, dan aromanya mirip,” katanya kepada BERITALIVE (12/01/18).

Zalfinus juga menyarankan, agar masyarakat membeli daging di pedagang daging di tempat yang tetap. Serta jangan tergiur dengan harga daging yang murah.

“Jangan beli di pedagang yang di pinggir – pinggir. Harga murah juga jangan tergoda. Biasanya harga daging oplosan dijual hanya Rp50 ribu sampai dengan Rp55 ribu. Sekarang harga daging sapi kan Rp50 ribu,” tegasnya.

Ia menegaskan, masyarakat harus memastikan, pedagang daging yang dibeli sudah dikenal. Saat ini pihaknya juga sudah mengambil sampel daging bakso, yang akan diuji di laboratorium untuk mengecek adanya kemungkinan olahan daging oplosan.

“Kami teliti pangan olahan dari daging, sedang kita teliti. Kami butuh dua sampai tiga hari lagi untuk mengetahui hasilnya, sejauh ini di Depok sih tidak ada tempat ternak babi,” imbuhnya.(WS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *