Tips Tetap Sehat Saat Liburan

BERITALIVE – Libur akhir tahun telah tiba. Tentunya berbagai kegiatan menarik telah direncanakan. Nah, agar liburan bersama orang terkasih berjalan lancar, pastikan Anda menjaga kesehatan.

Pasalnya, sibuk melakukan berbagai kegiatan kerap membuat sebagian orang lupa akan menjaga kesehatan. Ditambah kelelahan dan tidak mengonsumsi makanan sehat membuat tubuh mudah terserang penyakit.

Berikut tips tetap sehat saat liburan yang dilansir dari Buzzfeed.

1. Persiapkan kesehatan
Persiapkan kesehatan Anda sebelum melakukan liburan. Pastikan Anda rutin berolah raga, tidur berkualitas dan mengonsumsi makanan sehat. Cara ini dipercaya bisa membuat tubuh tetap sehat, terutama bagi mereka yang akan melakukan perjalanan jauh.

2. Tidak mengonsumsi vitamin
Agar tetap sehat, sebagian orang kerap mengonsumsi vitamin. Sayangnya, kebiasaan tersebut tidaklah tepat. Menurut associate professor di University of Washington, Christopher Sanford, vitamin hanya memiliki manfaat yang kecil.

“Intinya kalaupun ada manfaaatnya, itu sangat kecil. Banyak studi yang mengungkap jika obat-obatan tidak ada manfaatnya sama sekali,” kata Christopher.

3. Suntik anti flu
Suntik anti flu dipercaya membantu tubuh terhindar dari penyakit. Anda bisa melakukannya satu atau dua minggu sebelum melakukan perjalanan. Selain suntik anti flu, Anda juga bisa melakukan vaksin berupa nasal spray yang juga efektif usir influenza.

4. Mencuci tangan
Bakteri mudah ditemui dimana saja, termasuk di tempat yang terlihat bersih. Untuk itu pastikan Anda selalu menjaga kebersihan tangan. Pasalnya, bakteri mudah menular melalui tangan.

Anda bisa mencuci tangan sesudah dan sebelum makan atau menggunakan toilet. Gosok tangan dengan sabun dan bilas hingga bersih. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan hand sanitizers.

5. Bersihkan kursi pesawat
Sebelum duduk, pastikan kursi yang akan Anda tempati bersih. Pasalnya, sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa kursi menjadi tempat yang paling kotor di pesawat.

6. Gunakan masker
Bakteri mudah menular dari mata, hidung dan mulut. Oleh karena itu, Christopher menyarankan untuk menggunakan masker di tempat umum, seperti airport dan terminal. (WS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *